Perubahan sosial masyarakat akibat pengembangan wisata: studi di lokasi Wisata Alam Posong Kabupaten Temanggung

Ardian, Jody Fany (2020) Perubahan sosial masyarakat akibat pengembangan wisata: studi di lokasi Wisata Alam Posong Kabupaten Temanggung. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1506026013_Jody Fany Ardian_Lengkap] Text (Skripsi_1506026013_Jody Fany Ardian_Lengkap)
1506026013_JodyFanyArdian_Full Skripsi - Jody Fany.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (993kB)

Abstract

Lingkungan memiliki peran besar dalam membentuk kualitas masyarakat yang ada di dalamnya. Dalam hal Ini lingkungan dapat mengubah pola hidup, sikap, dan kebiasaan. Semakin berkembang lingkungan termasuk, semakin berkembang pula masyarakat yang ada di dalamnya. Dari masyarakat primitif, menjadi masyarakat modern. Dari mayoritas petani/pekebun bisa berubah menjadi pedagang maupun pengusaha kreatif. Perubahan inilah yang dimaksud dengan perubahan sosial.
Perubahan sosial terjadi karena adanya faktor lingkungan atau faktor alam yang dapat menyebabkan ketergantungan serta kebutuhan yang membuat mereka tetap bertahan hidup. Setiap manusia pada hakekatnya mempunyai beragam kepentingan sehingga perubahan sosial ini berpengaruh pada berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat, misalnya pendidikan ataupun perekonomian masyarakat. Oleh sebab itu, terjadinya perubahan sosial diakibatkan dari perubahan yang berkembang dengan pesat dari pengaruhnya pembangunan, selain itu juga karena adanya pengaruh kebudayaan dari luar yang masuk dengan mudah akibat dari proses pembangunan.
Penelitisn ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perubahan sosial pada masyarakat Desa Tlahab dari perkembangan kawasan wisata alam posong di Desa Tlahab Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi lapangan. Sumber penelitian ini adalah data primer yang diambil langsung dari lapangan melalui wawancara dengan informan dari masyarakat Desa Tlahab. Sedankan data sekunder merupakan data yang diambil dari lembaga-lembaga pemerintah yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Teknik yang dilakukan dalam adalah wawancara dengan informan yang dipilih dan observasi, data tersebut kemudian dianalisis menggunakan teori evolusi dari Herbert Spencer kemudian data disajikan dalam bentuk narasi untuk mendeskripsikan hasil dari penelitian, kemudian dilakukan penarikan kesimpulan dengan memahami dari data penelitian yang sudah tersaji.
Hasil penelitian ini terdapat perubahan yang terjadi pada masyarakat Desa Tlahab dari perkembangan kawasan wisata alam Posong, perubahan tersebut berupa semakin tersedianya peluang kerja bagi masyarakat, mulai dari tenaga kerja di kawasan wisata alam Posong, maupun usaha lain seperti pertokoan, penyediaan tempat penginapan maupun usaha penyedia barang dan jasa sejenisnya, adanya migrasi antar kota ke desa, adanya perubahan kebiasaan hidup dari tradisional ke semi modern, adanya sikap menghargai hasil karya orang lain dan keinginan untuk maju. Dari segi dampak Dampak positif yang ditimbulkan adalah tingkat kesejahteraan masyarakat semakin meningkat, warga masyarakat dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, lapangan pekerjaan semakin kompetitif, fasilitas umum lebih tersedia, pemasaran hasil panen pertanian dapat dijual di tempat pariwisata, Dampak negatifnya adalah konsumtif, kesenjangan sosial, nilai-nilai tradisional semakin terkikis, lingkungan menjadi rusak, lahan pertanian semakin menyempit, perkembangan pariwisata juga mempengaruhi perubahan sosial adalah perilaku masyarakat menjadi konsumtif, munculnya sikap individualistis, gotong royong warga masyarakatnya yang telah berubah, sistem sosial telah mengalami perubahan, terjadinya stratifikasi sosial atau kesenjangan sosial dan melemahnya nilai-nilai sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wisata Alam Posong; Perubahan sosial
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes > 303.4 Social change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 23 Dec 2021 01:50
Last Modified: 23 Dec 2021 01:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14555

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics