Penerapan metode muraja’ah tahfidzul Qur’an bagi mahasiswi di Pondok Pesantren Putri Tahfidzul Qur’an Al-Hikmah Tugurejo

Fitri, Nadia Latifatul (2021) Penerapan metode muraja’ah tahfidzul Qur’an bagi mahasiswi di Pondok Pesantren Putri Tahfidzul Qur’an Al-Hikmah Tugurejo. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703016080_Nadia Latifatul F_Lengkap] Text (Skripsi_1703016080_Nadia Latifatul F_Lengkap)
1703016080_Nadia Latifatul F_Full - Nadia Latifatul Fitri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (998kB)

Abstract

Skripsi ini menjelaskan tentang metode yang digunakan dalam menghafal Al-Qur’an bagi mahasiswi tahfidz di pondok pesantren putri tahfidzul Qur’an Al-Hikmah Tugurejo. Metode yang digunakan adalah muraja’ah, penerapan metode ini bertujuan agar kualitas hafalan Al-Qur’an semakin bagus dan kuat di sela-sela kesibukan sebagai seorang mahasiswi.
Penelitian ini bersifat penelitian lapangan jenis deskriptif kualitatif yang difokuskan pada objek dan subjek penelitian (Ustadzah dan Santri). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penerapan Metode muraja’ah tahfidzul Qur’an bagi mahasiswi di pondok pesantren putri tahfidzul Qur’an Al-Hikmah Tugurejo. Pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a). ¬-Proses menghafal Al-Qur’an menggunakan sistem satu hari satu halam (one day one page), -Pelaksanaan metode muraja’ah menggunakan program setoran muraja’ah hafalan dengan ustadz/ustadzah, Deresan wajib 30 menit, Tartilan, dan Ngejuz. Penerapan metode muraja’ah bagi mahasiswi di pondok pesantren Al-Hikmah ini menghasilkan: santri menjadi lebih istiqomah dalam muraja’ah, santri mulai terbiasa memanajemen waktu dengan baik, santri terbiasa membaca hafalan dengan tartil serta menggunakan tajwid yang baik dan benar, dan santri sudah mulai terbiasa sema’an hafalan dengan lancar. b). -Faktor penghambat pelaksanaan metode muraja’ah: sibuk dengan tugas kampus, banyaknya dosa dan maksiat, Ayat-ayat yang dihafal lupa lagi, dan Kurang sabar saat menghafal. Jika terdapat penghambat maka ada solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut, yaitu: Motivasi, Istiqomah muraja’ah, dan Menjaga ketakwaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode muraja’ah; Hafalan Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Dec 2021 04:24
Last Modified: 11 Dec 2021 04:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14556

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics