Metode dakwah KH. Ahmad Izzuddin melalui kegiatan khitobah santri di Pondok Pesantren Life Skill Daarun Najaah Semarang

Anburika, Nudiya (2021) Metode dakwah KH. Ahmad Izzuddin melalui kegiatan khitobah santri di Pondok Pesantren Life Skill Daarun Najaah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1401016062_Nudiya Anburika] Text (SKRIPSI_1401016062_Nudiya Anburika)
SKRIPSI_1401016062_Nudiya Anburika.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Seorang pendakwah, dai perlu menguasai keterampilan berdakwah sehingga pesan-pesan dakwah bisa diterima masyarakat dengan baik. Namun, tidak semua orang mampu berbicara di depan umum. Sehingga hal-hal yang berkaitan dengan pelatihan dakwah sangat di perlukan. Keberhasilan dakwah juga ditentukan dari optimalisasi dan singkronisasi dakwah dengan metode yang digunakan. Dai bisa berasal darimana saja, salah satunya adalah santri. Santri diharapkan dapat menjadi generasi penyebar dakwah atau penyebar ilmu agama. Pondok pesantren sangat berperan penting dalam mengembangkan penguatan kompetensi santri untuk menyebarkan ilmu, salah satu bentuk pelatihan santri adalah pelaksanaan kegiatan khitobah. Hal tersebut sangat dibutuhkan dalam berdakwah agar santri mampu berdakwah didepan umum baik ketika masih dilingkungan pondok pesantren maupun sudah lulus dari pondok pesantren. Rumusan masalah yang diangkat oleh peneliti adalah: Bagaimana kondisi khitobah santri di pondok pesantren Life Skill Daarun Najaah Semarang dan Bagaimana metode dakwah KH. Ahmad Izzuddin melalui kegiatan khitobah santri di pondok pesantren Life Skill Daarun Najaah Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduki data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil dari penelitian ini adalah kondisi di pondok pesantren Life Skill Daarun Najaah masih ada beberapa santri yang belum berani berbicara depan umum atau menjadi penceramah. Banyak hal yang mempengaruhi dan membuat santri menjadi takut untuk berceramah depan umum diantaranya yakni karena kurangnya bersosialisasi, pemalu, tidak percaya diri, atau karena memang tidak pernah sama sekali mempunyai pengalaman berbicara di depan umum. Oleh karenanya diterapkanlah metode yang dapat melatih keterampilan berdakwah santri oleh KH. Ahmad Izzuddin selaku pengasuh pondok pesantren life skill daarun najaah Semarang. Suatu Keberhasilan tidak hanya ditentukan oleh kontennya dan materi, tetapi juga metode yang tepat sasaran untuk mencapai kegiatan dakwah yang efektif. KH. Ahmad Izzuddin berupaya mengadakan kegiatan dakwah yang dapat melatih dan mengembangkan keterampilan santri dalam berdakwah dilingkungan pondok pesantren. Beliau merealisasikan metode dakwahnya adalah dengan metode dakwah bil-lisan yakni berdakwah atau menyampaikan informasi dengan lisan. Salah satu yang diambil dan diterapkan dalam lingkungan pondok pesantren life skill daarun najaah adalah khitobah. Khitobah berarti memberi khutbah atau nasihat kepada orang lain, yaitu menyampaikan nasihat-nasihat kebajikan sesuai dengan perintah ajaran Islam. Kegiatan khitobah rutin dilaksanakan wajib bagi seluruh santri setiap hari kamis malam jumat. Khitobah adalah bentuk praktek dari metode-metode yang diajarkan KH. Ahmad Izzuddin dalam mengembangkan keterampilan berdakwah santri sesuai dengan ilmu unsur-unsur khitobah. Kegiatan yang diadakan bertujuan untuk mencetak kader-kader dai yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode dakwah; Khitobah; pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 23 Dec 2021 01:51
Last Modified: 23 Dec 2021 01:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14557

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics