Implementasi sistem informasi akuntansi entitas wakaf berbasis microsoft excel pada Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Makmur Bringin

Afifah, Mir Atul (2021) Implementasi sistem informasi akuntansi entitas wakaf berbasis microsoft excel pada Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Makmur Bringin. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705046119_MIR_ATUL_AFIFAH] Text (SKRIPSI_1705046119_MIR_ATUL_AFIFAH)
1705046119_Mir Atul Afifah_Lengkap Tugas Akhir - Mir Atul Afifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penerapan sistem informasi akuntansi pada entitas wakaf sangat penting, karena dengan adanya sistem informasi akuntansi maka proses penyampaian informasi dapat berjalan dengan baik. Pada entitas wakaf yang bergerak di bidang pendidikan seperti TPQ, sistem informasi harus diterapkan pada sistem administrasi pengelolaan keuangan, karena dengan sistem infromasi akuntansi penyempaian laporan keuangan dapat dilakukan sesuai dengan aturan yang telah ditentukan. Penerapan sistem informasi akuntansi harus didukung oleh sistem aplikasi yang mendukung berjalannya proses manajemen, sehingga dapat beroperasi secara efektif dan efisien.
Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan yang muncul di TPQ Al-Makmur, karena sistem manual yang berjalan saat ini mengakibatkan sistem pengendalian internal keuangan kurang optimal, pengelolaan yang kurang akuntabel serta penyusunan laporan keuangan yang tidak sesuai. Sistem informasi ini dibuat dengan Microsoft Excel sebagai database. Sebagai langkah awal, penulis menganalisis sistem TPQ yang lama. Langkah selanjutnya, perancangan sistem berdasarkan kebutuhan TPQ. Dilanjutkan ke tahap perancangan sistem alat dan menggambarkan proses berjalannya sistem. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan pengujian kelayakan, uji fungsi, dan uji efektivitas serta efisiensi untuk sistem yang telah dirancang.
Setelah melalui proses pengujian sistem dengan metode black box dan penilaian sistem, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi pengelolaan keuangan yang dirancang dikatakan layak digunakan. Hal tersebut didasari oleh pengujian efektivitas dan efisiensi yang seluruh indikatornya menghasilkan nilai positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi akuntansi; Microsoft excel; Entitas wakaf; Efektifitas; Efisiensi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 23 Dec 2021 01:58
Last Modified: 23 Dec 2021 01:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14560

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics