Peran kube jamu 08 dalam pemberdayaan ekonomi perempuan di RW 08 Bangetayu Wetan Semarang

Arrochman, Kholid (2021) Peran kube jamu 08 dalam pemberdayaan ekonomi perempuan di RW 08 Bangetayu Wetan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1606026054_Kholid Arrochman_Lengkap] Text (Skripsi_1606026054_Kholid Arrochman_Lengkap)
SKRIPSI CHOOLID AKHIR-dikonversi - Siti nur Nikmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Peran ekonomi perempuan dalam fungsi kerumahtanggaan telah diakui arti pentingnya. Program peningkatan aktifitas ekonomi perempuan melalui KUBE 08 dilaksanakan dengan tujuan untuk peningkatan ekonomi keluarga. KUBE 08 merupakan sebuah organisasi yang memiliki tujuan meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan dengan memanfaatkan potensi desa yang ada untuk dijadikan suatu produk unggulan. Sebelum adanya KUBE 08 masyarakat Bangetayu Wetan belum memiliki kemampuan untuk meningkatkan ekonomi perempuan. Dengan adanya pelatihan pembuatan jamu yang diadakan oleh Pemerintah Kota Semarang, maka masyarakat Bangetayu Wetan memanfaatkan peluang yang ada untuk meningkatkan ekonomi perempuan dengan cara menekuni pembuatan jamu tradisional yang telah mereka ikuti.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan KUBE 08 dalam proses pemberdayaan perempuan dan bagaimana bentuk pemberdayaan perempuan yang dicapai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena dan menganalisis temuan-temuan dilapangan dengan dikaitkan teori-teori yang yang sudah ditentukan. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan kajian pustaka. Analisis data yang digunakan adalah analisis induktif dengan cara menekankan analisa atau penilaian secara mendalam terhadap data yang diperoleh di lapangan dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi dari beberapa narasumber, dan berbagai data pendukung yang diperoleh di lapangan, diterjemahkan melalui perspektif peneliti tanpa merubah esensi atau makna dari data yang diperoleh.
. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa kontribusi KUBE 08 dalam peningkatan ekonomi perempuan masyarakat sangat dapat dirasakan oleh keluarga sekitar RW 08 seperti meningkatkan kesejahteraan keluarga, menemukan profesi baru menjadi reseller dan pembuat jamu serta mampu memperbaiki sarana kehidupan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan perempuan; Ekonomi keluarga; Kelompok Usaha Bersama (KUBE 08)
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:36
Last Modified: 27 Dec 2021 02:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14563

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics