Hubungan antara self control dan konformitas teman sebaya dengan perilaku disiplin pada santri Yayasan Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Arrohmah

Rofiqoh, Layla Isna (2021) Hubungan antara self control dan konformitas teman sebaya dengan perilaku disiplin pada santri Yayasan Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Arrohmah. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of sKRIPSI_1607016054_Layla Isna Rofiqoh_Lengkap] Text (sKRIPSI_1607016054_Layla Isna Rofiqoh_Lengkap)
1607016054_Layla Isna Rofiqoh_Tugas Akhir - layla isna.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Santri yang tinggal di pondok pesantren dihadapkan dengan berbagai aturan yang harus dipatuhi oleh santri, namun tak jarang juga banyak santri yang melakukan pelanggaran tata tertib dan berperilaku tidak disiplin. Apalagi santri yang berkategori remaja, dimana pada masa tersebut seseorang masih dalam proses pencarian identitas diri sehingga kemungkinan untuk berperilaku tidak disiplin lebih besar. Akan tetapi, ketika seorang santri memiliki self control yang baik, tentunya akan mampu untuk menahan diri dari berperilaku tidak disiplin. Konformitas teman sebaya juga berpengaruh pada sikap disiplin santri, karena ketika di pondok pesantren santri lebih banyak menghabiskan waktunya bersama kelompok teman sebaya, sehingga ada kemungkinan seseorang meniru perilaku teman sebayanya.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara self control dan konformitas teman sebaya dengan perilaku disiplin pada santri Yayasan Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Arrohmah.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional, sampel penelitian sebanyak 50 santri Yayasan Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Arrohmah dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara self control dengan perilaku disiplin pada santri Yayasan Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Arrohmah dengan koefisien korelasi sebesar 0,866 dan nilai signifikansi 0,000. Terdapat hubungan negatif antara konformitas teman sebaya dengan perilaku disiplin pada santri Yayasan Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Arrohmah dengan koefisien korelasi -0,724 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Selanjutnya terdapat hubungan yang signifikan secara bersamaan antara variabel self control dan konformitas teman sebaya dengan perilaku disiplin pada santri Yayasan Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Arrohmah dengan nilai R = 0,760 dan Sig. F Change sebesar 0,000.
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara self control dan konformitas teman sebaya dengan perilaku disiplin pada santri Yayasan Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Arromah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Self control; Konformitas teman sebaya; Perilaku disiplin; Santri;Yayasan Panti Asuhan; Pondok Pesantren Arromah
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 120 Epistemology, causation, humankind > 126 The self
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Dec 2021 06:57
Last Modified: 11 Dec 2021 06:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14570

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics