Studi analisis metode hisab awal bulan kamariah dalam Kitab Tashīl al-amtsilah fī Ma’rifati Awwal asy-Syuhūr wa al-Auqāt wa al-Qiblah

Nada, Nafisatun (2021) Studi analisis metode hisab awal bulan kamariah dalam Kitab Tashīl al-amtsilah fī Ma’rifati Awwal asy-Syuhūr wa al-Auqāt wa al-Qiblah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1702046110] Text (1702046110)
1702046110_NAFISATUN NADA_FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perhitungan awal bulan kamariah metode hisab haqiqi bi at-tahqīq kitab Tashīl al-Amtsilah fī Ma’rifati Awwal asy-Syuhūr wa al-Auqāt wa al-Qiblah. Salah satu kitab falak klasik yang masih eksis dan dijadikan kurikulum wajib di Ma’had Ali Lirboyo Kediri sejak 2013-sekarang. Salah satu yang membedakan dengan kitab lain yaitu data dlamīmah untuk koreksi data Bulan. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengupas lebih lanjut, bagaimana metode hisab awal bulan kamariah dalam kitab Tashīl al-Amtsilah fī Ma’rifati Awwal asy-Syuhūr wa al-Auqāt wa al-Qiblah serta bagaimana akurasinya.
Penulisan ini termasuk jenis penelitian kualitatif pendekatan library research dengan analisis deskriptif yaitu menggambarkan bagaimana metode penentuan awal bulan kamariah dalam kitab Tashīl al-Amtsilah fī Ma’rifati Awwal asy-Syuhūr wa al-Auqāt wa al-Qiblah sebagai data primer. Selain itu, penulis akan menguji akurasi metode hisab awal bulan kitab tersebut dengan Ephemeris Hisab Rukyat yang sudah diakui keakuratannya oleh Kementerian Agama RI. Selain itu, Ephemeris Hisab Rukyat juga sudah dijadikan pedoman dalam penentuan awal bulan Kamariah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penentuan awal bulan kamariah dalam kitab Tashīl al-Amtsilah fī Ma’rifati Awwal asy-Syuhūr wa al-Auqāt wa al-Qiblah menggunakan metode hisab haqīqī bi at-tahqīq yang sudah menggunakan rumus astronomi modern (spherical trigonometri) sehingga dinilai sudah cukup akurat untuk dijadikan pedoman dalam penentuan awal bulan kamariah. Hasil uji akurasi metode kitab tersebut sudah mendekati akurat. Hal ini terlihat selisih antara kedua metode, rata-rata kisaran detik hingga menit. Selisih terjauh yakni pada waktu ijtimak 27m 55.02d dan selisih terkecilnya yaitu 30.3d pada lama hilal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hisab Awal Bulan Kamariah;Tashīl al-Amtsilah fī Ma’rifati Awwal asy-Syuhūr wa al-Auqāt wa al-Qiblah; akurasi;
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 13 Dec 2021 05:23
Last Modified: 13 Dec 2021 05:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14588

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics