Studi analisis metode hisab arah kiblat dalam Kitab Tashīl al-Amtsilah fī Ma’rifah Awwal asy-Syuhūr wa al-Auqāt wa al-Qiblah

Sa`adah, Lailatus (2021) Studi analisis metode hisab arah kiblat dalam Kitab Tashīl al-Amtsilah fī Ma’rifah Awwal asy-Syuhūr wa al-Auqāt wa al-Qiblah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1702046113_LAILATUS SA'ADAH_SKRIPSI LENGKAP] Text (1702046113_LAILATUS SA'ADAH_SKRIPSI LENGKAP)
1702046113_LAILATUS SA`ADAH_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang hisab arah kiblat dalam kitab Tashīl al-Amtsilah Fī Ma’rifah Awwal asy-Syuhūr Wa al-Auqāt Wa al-Qiblah yang masih menggunakan tabel logaritma lima desimal pada perhitungannya. Metode hisabnya masih mempertahankan konsep mukhālif dan muwāfiq. Terdapat penambahan rumus trigonometri yang dapat dicari nilainya dengan bantuan scientific calculator yang dianggap memiliki hasil yang lebih teliti dibandingkan perhitungan manual.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimakah metode hisab arah kiblat dalam kitab Tashīl al-Amtsilah Fī Ma’rifah Awwal asy-Syuhūr Wa al-Auqāt Wa al-Qiblah dan bagaimana akurasinya.
Penelitian ini termasuk pada penelitian kualitatif menggunakan library research. Data primer diperoleh dari kitab Tashīl al-Amtsilah Fī Ma’rifah Awwal asy-Syuhūr Wa al-Auqāt Wa al-Qiblah. Teknik analisis yang digunakan adalah content of analysis dengan melakukan analisis verifikatif menggunakan metode kontemporer ephemeris.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa kitab Tashīl al-Amtsilah Fī Ma’rifah Awwal asy-Syuhūr Wa al-Auqāt Wa al-Qiblah menggunakan metode hisab haqīqy bi at-Tahqiq dengan perhitungan tabel logaritma lima desimal yang sudah dilengkapi dengan rumus trigonometri. Hisab arah kiblat dalam kitab Tashīl al-Amtsilah Fī Ma’rifah Awwal asy-Syuhūr Wa al-Auqāt Wa al-Qiblah memiliki hasil yang cukup akurat untuk wilayah Indonesia yang berada pada daerah bujur timur. Akan tetapi, untuk wilayah di luar Indonesia kebanyakan memiliki selisih hasil yang cukup signifikan yakni terpaut selisih pada satuan derajat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Hisab Arah Kiblat; Tashīl al-Amtsilah Fī Ma’rifah Awwal asy-Syuhūr Wa al-Auqāt Wa al-Qiblah
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 13 Dec 2021 05:33
Last Modified: 13 Dec 2021 05:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14589

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics