Pengaruh independensi, kompetensi, dan religiusitas auditor terhadap kualitas audit pada kantor akuntan publik di Kota Semarang

Pratomo, Rahmaziz Putra (2021) Pengaruh independensi, kompetensi, dan religiusitas auditor terhadap kualitas audit pada kantor akuntan publik di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705046061_RAHMAZIZ_PUTRA_PRATOMO_Lengkap] Text (SKRIPSI_1705046061_RAHMAZIZ_PUTRA_PRATOMO_Lengkap)
1705046061_Rahmaziz Putra_FULL SKRIPSI - Aziz Putra.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB)

Abstract

Kualitas audit merupakan bentuk pelaksanaan audit oleh auditor sehingga pelanggaran maupun kesalahan dalam laporan keuangan dapat diungkapkan. Agar kualitas audit dapat dicapai, auditor perlu untuk memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kualitas audit. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk memperoleh bukti empiris tentang Pengaruh Kompetensi, Independensi dan Religiusitas Auditor Terhadap Kualitas Audit.
Data yang digunakan adalah data primer yang disebar ke KAP Semarang dalam bentuk kuesioner. Penentuan sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Objek penelitian ini adalah auditor di Kantor Akuntan Publik (KAP) di Kota Semarang dengan jumlah sampel sebanyak 46 auditor. Setelah data diperoleh, hasilnya akan dipaparkan secara deskriptif dan dianalisis untuk menguji hipotesis. Data dianalisis dengan menggunakan analisa regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa independensi auditor memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit, sedangkan variabel kompetensi dan religiusitas tidak mempunyai pengaruh. Penelitian inihanya membahas 3 (tiga) variabel independen yang berpengaruh terhadap kualitas audit, kemungkinan masih ada variabel lain yang dapat mempengaruhi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas audit; Independensi; Kompetensi; religiusitas
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 13 Dec 2021 07:49
Last Modified: 13 Dec 2021 07:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14590

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics