Perancangan aplikasi akuntansi berbasis general ledger application pada UMKM: studi kasus pada konveksi Dadang Sport Collection di Pemalang

Rahmawati, Zulvia (2021) Perancangan aplikasi akuntansi berbasis general ledger application pada UMKM: studi kasus pada konveksi Dadang Sport Collection di Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705046034_ZULVIA_RAHMAWATI] Text (SKRIPSI_1705046034_ZULVIA_RAHMAWATI)
1705046034_ZULVIA RAHMAWATI_LENGKAP TUGAS AKHIR - ZULVIA RAHMAWATI UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Teknologi telah berpengaruh besar terhadap sektor-sektor yang ada di Indonesia, terkecuali pada sektor bisnis UMKM. Teknologi seharusnya mampu menjadikan peluang dan kesempatan bagi para pelaku usaha untuk terus mengembangkan usahanya. Tak terkecuali pada Konveksi Dadang Sport Collection yang merupakan salah satu UMKM di Pemalang yang bergerak dalam bidang konveksi celana olahraga. Pemanfaatan teknologi belum didapati dari UMKM tersebut, apalagi dalam hal pengelolaan keuangan yang masih dilakukan secara manual dan berdasarkan ingatan pengelola. Padahal jika dilihat dari segi usaha, Konveksi Dadang Sport Collection merupakan usaha yang memiliki omset puluhan juta rupiah setiap bulannya. Dikarenakan hal tersebut, maka sering terjadi ketidak jelasan laporan keuangan yang ada, karena hanya berpacu pada ingatan dan nota penjualan. Dari permasalahan tersebut, maka penulis bertujuan untuk melakukan perancangan sebuah aplikasi yang dapat digunakan UMKM Dadang Sport Collection dalam proses pencatatan keuangannya.
Perancangan sistem informasi akuntansi ini dilakukan dengan metode riset atas keuangan yang ada dan metode research and development (RnD). Peneliti melakukan riset terhadap sistem pencatatan keuangan dari Konveksi Dadang Sport Collection, dan didapati bahwa proses pencatatannya hanya dilakukan dengan nota sebagai bukti transaksi. Proses yang dikembangkan peneliti disini ialah menggunakan metode Research and Development (RnD) dimana peneliti menemukan sebuah fakta bahwa penerapan pencatatan keuangan pada Konveksi Dadang Sport Collection merupakan pencatatan manual yang kemudian diarahkan untuk menggunakan software sebagai sistem baru yang telah dirancang untuk input maupun output laporan keuangan agar menjadi lebih sistematis dan jelas sebagai bentuk dari pengembangan metode penelitian. Software yang digunakan peneliti ialah berbasis General Ledger dimana pengoperasiannya menggunakan Microsoft office excel yang dapat diakses melalui PC/Laptop.
Hasil penelitian ini ialah peneliti mampu merancang sebuah aplikasi akuntansi yang dapat digunakan untuk membantu UMKM Dadang Sport Collection guna mempermudah penyusunan sebuah laporan keuangan sesuai SAK EMKM. Dengan adanya aplikasi tersebut, UMKM Dadang Sport Collection akan lebih mudah dalam mengetahui tingkat keuntungan tiap bulannya melalui laporan yang telah disediakan pada aplikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aplikasi akuntansi: General ledger; Microsoft excel; SAK-EMKM
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 13 Dec 2021 09:01
Last Modified: 13 Dec 2021 09:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14593

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics