Analisis pengaruh literasi, promosi, dan religiusitas terhadap minat menabung masyarakat di bank syariah : studi kasus pada masyarakat Kecamatan Ngaliyan Semarang

Trismaryati, Deselva Indah (2021) Analisis pengaruh literasi, promosi, dan religiusitas terhadap minat menabung masyarakat di bank syariah : studi kasus pada masyarakat Kecamatan Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705036058_Deselva_Indah_Trismaryati] Text (Skripsi_1705036058_Deselva_Indah_Trismaryati)
Skripsi_1705036058_Deselva_Indah_Trismaryati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan perbankan syariah di Indonesia sangat pesat, hal ini ditandai dengan banyaknya cabang bank syariah di berbagai daerah di Indonesia, dan munculnya berbagai macam produk perbankan syariah yang membuat masyarakat tertarik untuk menggunakan jasa atau produk perbankan syariah. Selain perbankan syariah di Indonesia juga terdapat bank konvensional. Keduanya saling berlomba-lomba untuk menarik perhatian masyarakat. Hingga saat ini, di Indonesia sendiri masih didominasi oleh bank konvensional, hal ini menandakan bahwa masyarakat lebih memilih menggunakan jasa atau produk bank konvensional. Literasi, promosi dan religiusitas merupakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku masyarakat untuk mengambil keputusan. Secara tidak langsung menjadi faktor penentu ketertarikan minat masyarakat untuk menggunakan produk dan jasa perbankan syariah. Diantara semua faktor yang disebutkan, memiliki pandangan dan penilaian masing-masing yang cukup beragam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi, promosi dan religiusitas terhadap minat menabung masyarakat di bank syariah.
Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode survey dengan menggunakan pendekatan analisis data kuantitatif. Data primer pada penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada masyarakat Kecamatan Ngaliyan yang termasuk dalam sample, sedangkan sumber data sekunder yaitu buku-buku, jurnal, dan juga skripsi yang memiliki hubungan dengan penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh masyarakat kecamatan Ngaliyan dengan jumlah 162,622 jiwa. Teknik penentuan sample dalam penelitian ini adalah dengan cara teknik random sampling atau probability sampling atau sampling acak, sehingga mendapatkan hasil yaitu sebanyak 100 responden. Data dalam penelitian yang sudah didapatkan, selanjutnya akan dianalisis menggunakan alat statistik yaitu SPSS versi.22 untuk mendukung penelitian. Metode yang digunakan adalah: Analisis statistik deskriptif, analisis uji instrumen (validitas dan reabilitas), uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas), uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis (uji R2 , F, T).
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Literasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung masyarakat di bank syariah, dibuktikan dari uji t-test memperlihatkan nilai signifikansi adalah sebesar 0,001 < 0,05 dengan thitung 3,353 > ttabel 1,985. (2) Promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung masyarakat di bank syariah, dibuktikan dari uji t-test memperlihatkan nilai signifikansi adalah sebesar 0,000 < 0,05 dengan thitung 4,303 > ttabel 1,985. (3) Religiusitas secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat menabung masyarakat di bank syariah, dibuktikan dari uji t-test memperlihatkan nilai signifikansi adalah sebesar 0,113 > 0,05 dengan thitung 1,600 < ttabel 1,985. (4) Literasi, Promosi, dan Religiusitas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung masyarakat di bank syariah, dibuktikan dari uji F (simultan), memperlihatkan hasil nilai signifikansi adalah 0,000 < 0,05 dan Fhitung 36,129 > 2,70. Kemudian berdasarkan uji R2 (determinasi) dapat diketahui bahwa R squer (R2) menunjukan angka 0,530 atau 53%, menunjukan bahwa besarnya pengaruh dari variabel literasi (X1), promosi (X2), dan religiusitas (X3) terhadap variabel minat menabung (Y) sebesar 0,530 atau 53%.

ABSTRACT:
The development of Islamic banking in Indonesia is very rapid, this is indicated by the many branches of Islamic banks in various regions in Indonesia, and the emergence of various kinds of Islamic banking products that attract people to use Islamic banking services or products. Apart from Islamic banking in Indonesia, there are also conventional banks. Both are competing with each other to attract people's attention. Until now, in Indonesia itself is still dominated by conventional banks, this indicates that people prefer to use conventional bank services or products. Literacy, promotion and religiosity are factors that can influence people's behavior to make decisions. Indirectly, it is a determining factor for people's interest in using Islamic banking products and services. Among all the factors mentioned, has quite a variety of views and assessments. This study aims to analyze the effect of literacy, promotion and religiosity on people's interest in saving in Islamic banks.
The research of study in this thesis uses a survey method using a quantitative data analysis approach. Primary data in this study were obtained by distributing questionnaires to the people of Ngaliyan District who were included in the sample, while secondary data sources were books, journals, and also theses that were related to this research. The population in this study were all people in Ngaliyan sub-district with a total of 162,622 people. The sampling technique used in this research is random sampling technique or probability sampling or random sampling, so that the results are as many as 100 respondents. The data in the research of study that has been obtained will then be analyzed using statistical tools, namely SPSS version.22 to support the research. The methods used are: descriptive statistical analysis, instrument test analysis (validity and reliability), classical assumption test (normality, multicollinearity, and heteroscedasticity), multiple linear regression test, and hypothesis testing (R2, F, T test).
The research of study showed that: (1) Literacy partially has a significant effect on people's interest in saving in Islamic banks, proven by the result of the t-test that shows a significance value of 0.001 < 0.05 with t-count 3.353 > t-table 1.985. (2) Promotion partially has a significant effect on people's interest in saving in Islamic banks, proven by the result of the t-test that shows a significance value of 0.000 < 0.05 with t-count 4.303 > t-table 1.985. (3) Religiosity partially does not have a significant effect on people's interest in saving in Islamic banks, proven by the result of the t-test that shows a significance value of 0.113 > 0.05 with t-count 1.600 < t-table 1.985. (4) Literacy, Promotion, and Religiosity simultaneously have a significant effect on people's interest in saving in Islamic banks, proven by the F-test (simultaneous) that shows the results of the significant value are 0.000 < 0.05 and F count 36.129 > 2.70. Then based on the R2 test (determination), it can be seen that R square (R2) shows the number 0.530 or 53%, indicating that the magnitude of the influence of the literacy variable (X1), promotion (X2), and religiosity (X3) on the variable interest in saving (Y) 0.530 or 53%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Minat menabung; Bank syariah; Literasi; Promosi; Religiusitas
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 13 Dec 2021 09:16
Last Modified: 13 Dec 2021 09:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14597

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics