Mekanisme pencairan dana pada produk pembiayaan musyarokah di bidang usaha ketela di PT. BPR Syariah Artha Mas Abadi Pati

Amaliyah, Risqiyatul (2020) Mekanisme pencairan dana pada produk pembiayaan musyarokah di bidang usaha ketela di PT. BPR Syariah Artha Mas Abadi Pati. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TUGAS_AKHIR_1705015024_RISQIYATUL_AMALIYAH] Text (TUGAS_AKHIR_1705015024_RISQIYATUL_AMALIYAH)
SKRIPSI_1705015024_RISQIYATUL_AMALIYAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

BPR merupakan lembaga keungan bank yang dalam kegiatan menghimpun dan menyalurkan dana sesuai dengan prinsip syariah. Dalam menyalukan dana PT. BPR Syariah Artha Mas Abadi menggunakan akad murabahah dan musyarokah. Akad musyarokah yaitu akad kerjasama antara bank dengan nasabah dimana kedua pihak berkontribusi dalam bentuk modal, tegana dan keahlian, selain itu kerjasama musyarokah untung rugi di tanggung oleh keua belah pihak. Akad musyarokah cenderung banyak di pakai di daerah pati dimana, di daerah ini cenderung masyarakat bekerja sebagai tani seperti; tani padi, ketela, tebu, dan tambak. Adapun dalam rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana prosedur mekanisme pencairan dana pada pembiayaan musyarokah di PT. BPR Syariah Artha Mas Abadi Pati, Jawa Tengah dan bagaimana problematika pencairan dananya.
Mekanisme pencairan dana pada pembiayaan musyarokah di BPR Syariah Artha Mas Abadi Pati di awali dengan, nasabah harus terlebihdahulu menjadi anggota selanjutnya nasabah mengajukan pembiayaan dengan membawa persyaratan yang telah di tentukan. Sebelum melakukan pencairan daripengajuan pembiayaanpihak bank melakukan survey terlebih dahulukepada calon nasabah dalam hal ini bank menggunakan unsur 5c untuk mensurvey dan sekaligus meminimalisirkan kemungkinan resiko yang akan terjadi. Setelah semua unsur 5c terpenuhi dan memperoleh persetujuan dari pimpinan maka selanjutkan pengajuan pembiayaan tersebut segerdi cairkan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif merupakan metode analisis yang dimana dalam menjabarkannya menggunakan tulisan seperti observasi, wawancara, dll. Jadi dalam metode kualitatif didalamnya tidak berhubungan dengan angka. Untuk menganalisis data penulis menggunakan metode induktif, yaitu metode dengan cara menganalisis data sesuai realita yang terjadi atau fakta yang kemudian ditarik menjadi sebuah kesimpulan. Fakta yang terjadi pada proses pencairan dana pada akad pembiayaan musyarokah di bidang usaha ketela. PT. BPR Syariah Artha Mas Abadi merupakan lembaga keunagn yang dijadikan sebagai tempat penelitian bagi peneliti tepatnya di di Jl. Raya Pati-Tayu Km 19. Ds. Waturoyo Margooso Pati.
Dari hasil penelitian PT. BPR Syariah Artha Mas Abadi Pati, Jawa Tengah dalam kegiatannya belum seratus persen menggunakan prinsip syariah dikarenakan masih menggunakan bagi hasil dimana presentasenya sudah di tentukan terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Musyarokah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 13 Dec 2021 09:41
Last Modified: 31 Oct 2022 09:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14605

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics