Mekanisme pembiayaan untuk usaha-usaha produktif dalam akad musyarakah di BPRS Gala Mitra Abadi Purwodadi

Shidqi, Muhammad A’vian (2020) Mekanisme pembiayaan untuk usaha-usaha produktif dalam akad musyarakah di BPRS Gala Mitra Abadi Purwodadi. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TUGAS_AKHIR_1705015029_MUHAMMAD_A’VIAN_SHIDQI] Text (TUGAS_AKHIR_1705015029_MUHAMMAD_A’VIAN_SHIDQI)
SKRIPSI_1705015029_MUHAMMAD_A'VIAN_SHIDQI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

BPRS Gala Mitra Abadi Purwodadi memaksimalkan pembiayaan yang menggunakan akad musyarakah sebagai salah satu cara yang ditempuh dalam rencana menyalurkan dana kepada masyarakat. Musyarakah dapat dilaksanakan untuk meningkatkan usaha-usaha produktif bagi nasabah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pembiayaan dan menganalisis prosedur pembiayaan untuk usaha-usaha produktif dalam akad musyarakah di BPRS Gala Mitra Abadi Purwodadi.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan terjun langsung ke lapangan untuk menggali informasi dan meneliti data yang berkaitan dengan mekanisme pembiayaan dan analisis prosedur pembiayaan untuk usaha-usaha produktif dalam akad musyarakah melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan analisis data.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa, didalam produk pembiayaan untuk usaha-usaha produktif, ada beberapa metode atau langkah-langkah yang harus dilakukan oleh bank dalam pemberian pembiayaan, hal itu bertujuan agar dapat meminimalisir kemungkinan buruk yang terjadi didalam pembiayaan sehingga tujuan dari adanya produk pembiayaan bisa tercapai dengan baik dan benar. Adapun langkah-langkah tersebut yaitu, diantaranya ialah sebagai berikut: persyaratan pembiayaan untuk usaha-usaha produktif, menggunakan akad musyarakah, dan mekanisme akad musyarakah. Analisis terhadap prosedur pembiayaan musyarakah, dalam analisis tersebut terdapat analisis permohonan pembiayaan dan negosiasi, pada prosedur pembiayaan musyarakah di BPRS Gala Mitra Abadi Purwodadi. Selanjutnya dalam langkah negoisasi, sebelum dari BPRS mengambil keputusan permohonan pembiayaan dari nasabah, BPRS menganalisis terlebih dahulu terkait nasabah yang mengajukan permohonan pembiayaan yaitu terdiri dari prinsip 5C.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan; Musyarakah; Usaha Produktif
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 13 Dec 2021 10:13
Last Modified: 31 Oct 2022 09:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14609

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics