Metode bimbingan agama Islam dalam upaya mengatasi kenakalan remaja di desa Tanggungharjo Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan

Nur Khaeni, Dyah (2020) Metode bimbingan agama Islam dalam upaya mengatasi kenakalan remaja di desa Tanggungharjo Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601016137_DYAH_NUR_KHAENI] Text (SKRIPSI_1601016137_DYAH_NUR_KHAENI)
SKRIPSI_1601016137_DYAH_NUR_KHAENI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang metode bimbingan agama Islam di lingkungan desa Tanggungharjo Kecamatan Grobogan yang merupakan salah satu upaya bagi seluruh lapisan masyarakat desa Tanggungharjo dalam mengatasi permasalahan yang dialami remaja sehingga remaja tidak terjerumus dalam kenakalan remaja yang telah/akan dilakukannya. Adapun metode yang digunakan dalam usaha ini sesuai dengan bimbingan dan penyuluhan yaitu dengan menggunakan metode langsung dan metode tidak langsung sehingga masyarakat khususnya orang tua tahu apa saja yang menyebabkan kenakalan remaja terjadi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan bimbingan penyuluhan Islam. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan data yang terkumpul dan dianalisis menggunakan metode deskriptif dan naratif.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kenakalan remaja di desa Tanggungharjo Kecamatan Grobogan. 2) untuk mengetahui metode yang digunakan dalam upaya mengatasi kenakalan remaja.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kenakalan remaja yang terjadi di desa Tanggungharjo disebabkan oleh faktor dari dalam diri sendiri yang meliputi: a) kontrol diri yang lemah dan b) krisis identitas. Lalu faktor dari luar dirinya yang meliputi; a) pengaruh dari teman sebaya dan b) kurangnya kasih sayang dan perhatian dari orang tua. 2) metode yang diterapkan dalam usaha mengatasi kenakalan remaja adalah dengan a) metode pemberian nasihat yaitu metode yang diterapkan dengan memberikan petuah-petuah baik kepada anak remaja untuk tidak melakukan dan/berhenti melakukan tindak kenakalan. b) metode pemberian hukuman, metode ini diberikan untuk memberikan rasa takut dan kapok terhadap remaja agar tidak melakukan kenakalan kembali. c) metode bimbingan kelompok, metode ini diterapkan oleh pembimbing kelompok baik secara swadaya maupun dengan dukungan dari pemerintah desa. Metode ini digunakan agar remaja dapat mengembangkan dirinya secara maksimal di dalam kelompok tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode bimbingan; Remaja; Kenakalan remaja
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:47
Last Modified: 27 Dec 2021 02:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14616

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics