Penerapan fungsi actuating dakwah dalam kegiatan keagamaan di Pondok Pesantren Darul Falah Besongo Semarang

Ulya, Fatihatun Nurul (2021) Penerapan fungsi actuating dakwah dalam kegiatan keagamaan di Pondok Pesantren Darul Falah Besongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1701036169_FATIHATUN_NURUL_ULYA_Lengkap] Text (SKRIPSI_1701036169_FATIHATUN_NURUL_ULYA_Lengkap)
SKRIPSI_1701036169_FATIHATUN_NURUL_ULYA_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh Fatihatun Nurul Ulya (1701036169) dengan judul: “Penerapan Fungsi Actuating Dakwah dalam Kegiatan Keagamaan di Pondok Pesantren Darul Falah Besongo Semarang”. Penelitian ini merupakan salah satu upaya penulis untuk mencoba mengetahui bagaimana para penggurus menggerakan kegiatan keagamaan di Pondok Pesantren Darul Falah Besongo Semarang berjalan sesuai perencanaannya dengan memfokuskan salah satu fungsi manajemen yaitu fungsi actuating.
Setelah rencana dakwah ditetapkan, begitu pula setelah kegiatan-kegiatan dalam rangka pencapaian tujuan itu dibagi-bagikan kepada para pendukung dakwah, maka tindakan berikutnya dari pemimpin dakwah adalah menggerakaan mereka untuk segera melaksanakan kegiatan- kegiatan itu, sehingga apa yang menjadi tujuan dakwah benar-benar tercapai.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan spesifik pendekatan studi kasus. Jenis pengumpulan data ini menggunakan jenis penelitian Lapangan (field research) dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, sumber data penelitian yang digunakan adalah sumber data Primer yang berupa informasi-informasi dari lapangan melalui pengamatan secara langsung di Pondok Pesantren Darul Falah Besongo Semarang sedangkan data Sekunder diperoleh website, internet, dokumen-dokumen, arsip-arsip, buku atau laporan yang telah tersedia, terutama yang berkenaan dengan Fungsi Actuating Dakwah dalam kegiatan keagamaan di Pondok Pesantren Darul Falah Besongo Semarang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Kegiatan keagamaan di Pondok Pesantren Darul Falah Besongo Semarang, adapun beberapa kegiatan kegamaan di Pondok Pesantren Darul Falah Besongo Semarang yaitu sholat wajib dan Sholat Sunnah, ngaji kitab kuning, khataman Al-Qur’an, kelas tahfidz dan non tahfidz, upacara hari santri, dan hari besar-besar islam, peneliti akan memfokuskan salah satu fungsi manajemen yaitu fungsi actuating. 2) Fungsi actuating dalam kegiatan keagamaan dilaksankan oleh ketua lurah dan anggota pengurus maupun santri, untuk menggerakan para pengurus supaya pelaksanaan kegiatan keagamaan berjalan sesuai perencanannya dengan menggunakan empat proses yaitu : a) Memberikan motivasi, ketua memberikan reward berupa perintah maupun pendelegesian wewenng kepada bawahannya sebagai doronga atau memotivasi kepada bawahan b) Bimbingan, pencapaian sasaran dakwah yang suah ditetapkan sebelumnya, serta para pelaku dakwah yang ada dipacu untuk mengembngkan dan meningkatkan kemampuan, kesadaran dan ketrampilan berdakwahnya supaya proses penyelenggaraan dakwahnya berjalan secara efektif dan efisien c.) Menjalin Hubungan, koordinasi yang harmonis antara ketua lurah degan pengurus agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan ikhlas d.) Menjalankan Komunikasi, timbal balik antara pemimpin dakwah dengan pelaksana dakwah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Actuating; Dakwah, Keagamaan, Pondok Pesantren Besongo
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Haidar Ainul Hakim
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:50
Last Modified: 27 Dec 2021 02:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14620

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics