Praktek seni baca Al-Qur’an menggunakan langgam Jawa : analisis resepsi estetis Al-Qur’an

Yasmi, Yusni (2021) Praktek seni baca Al-Qur’an menggunakan langgam Jawa : analisis resepsi estetis Al-Qur’an. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1704026078_Yusni_Yasmi] Text (SKRIPSI_1704026078_Yusni_Yasmi)
1704026078_Yusni Yasmi_Full Skripsi. - Yasmi Nasir.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian Skripsi dengan judul Praktek Seni Baca Al-Qur’an menggunakan Langgam Jawa ( Analisis Resepsi Estetis Al-Qur’an) adalah untuk mengetahui bagaimana praktek dari seni baca Al-Qur’an menggunakan Langgam Jawa dapat diterima dan direspon oleh masyarakat Indonesia, dan untuk mengetahui bagaimana persebaran dari adanya seni baca Al-Qur’an khususnya di daerah Jawa.
Skripsi ini menunjukan bahwa praktek seni baca Al-Qur’an menggunakan Langgam Jawa adalah sebuah upaya dalam menambah kreativitas dalam seni membaca Al-Qur’an, juga dalam skripsi ini menunjukkan bahwa pembacaan Al-Qur’an menggunakan Langgam Jawa merupakan salah satu bentuk akulturasi antara agama dan budaya, dan bukan merupakan tindakan yang menyalahi syari’at. Maka dari itu, adanya praktek pembacaan Al-Qur’an menggunakan Langgam Jawa adalah suatu tindakan yang diperbolehkan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menarik pada focus fenomena masyarakat dan history dari adanya pembacaan Al-Qur’an dengan irama, lagu atau nada. Penelitian ini menunjukkan bahwa sebenarnya agama dan budaya dapat berjalan beriringan dan membaca Al-Qur’an menggunakan berbagai irama, lagu dan nada bukanlah hal yang baru karena budaya membaca Al-Qur’an menggunakan irama, lagu dan nada sudah ada pada zaman nabi. Maka penting sekali adanya edukasi lebih dan pemberian pemahaman kepada masyarakat terutama masyarakat awam.
Selanjutnya, Dalam penelitian ini metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Metode analisis deskriptif yaitu metode analisis yang digunakan untuk menganalisa pokok permaslahan dengan interpretasi yang tepat. Dengan ini penulis berharap dapat memberi kontribusi dalam memberi sedikit informasi mengenai seni dalam membaca Al-Qur’an sehingga tidak aka nada lagi pro kontra dalam permasalah pembacaan al-Qur’an menggunakan Langgam Jawa, karena pembacaan Al-Qur’an menggunakan Langgam Jawa hanyalah salah satu ragam dari seni membaca Al-Qur’an dengan tujuan menambah keindahan dalam membaca Al-Qur’an dengan menggunakan irama,lagu ataupun nada yang berasal dari Indonesia khususnya Jawa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Seni baca Al-Qur’an; resepsi estetis Al-Qur’an; langgam Jawa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 13 Dec 2021 10:50
Last Modified: 13 Dec 2021 10:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14625

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics