Analisis program pendayagunaan Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) perspektif 8 ashnaf menurut Yusuf Qardawi di Lembaga Amil Zakat Infaq Dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kota Semarang

Afifudin, Imam (2021) Analisis program pendayagunaan Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) perspektif 8 ashnaf menurut Yusuf Qardawi di Lembaga Amil Zakat Infaq Dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1701036168_IMAM_AFIFUDIN_Lengkap] Text (SKRIPSI_1701036168_IMAM_AFIFUDIN_Lengkap)
SKRIPSI_1701036168_IMAM_AFIFUDIN_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Nahdlatul Ulama adalah organisasi masyarakat Islam yang bukan hanya menyebarkan ajaran-ajaran Islam, namun sebagai fasilitator masyarakat dalam bidang keagamaan, sosial, ekonomi dan pendidikan. Dalam upaya menjadi fasilitator masyarakat di bidang sosial, Nahdlatul Ulama mendirikan Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) yang bertugas mengumpulkan, mengelola dan mendistribusikan dana sosial kepada masyarakat yang membutuhkan.
Penulis memperhatikan pentingnya pendistrbusian dan pendayagunaan dana zakat, infaq dan shadaqah pada LAZISNU. Dana zakat, infaq dan shadaqah merupakan diantara sumber dana yang berpotensi untuk mengatasi kemiskinan. Tulisan ini bertujuan untuk mengupas pandangan Yusuf Qardawi tentang bagaimana konsep pendayagunaan dengan sasaran delapan ashnaf dan bagaimana program-program pendayagunaan yang ada di LAZISNU kota Semarang dalam upaya mengatasi permasalahan kemiskinan.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan deskriptif analisis. Yaitu penulis menggambarkan permasalahan dengan didasari data-data yang ada kemudian dianalisis lebih lenjut untuk ditarik kesimpulan. Dengan tipe pendekatan studi kasus, penulis mengadakan penelitian dengan melihat, menggambarkan tentang Program-program pendayagunaan pada LAZISNU, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dengan ketua Divisi penghimpunan LAZISNU, bendahara LAZISNU dan Sekretaris LAZISNU serta dokumentasi LAZISNU.
Hasil dari penelitian analisis program pendayagunaan ZIS dalam pandangan Yusuf Qardawi pada LAZISNU kota Semarang yaitu secara garis besar program pendayagunaan yang dilakukan LAZISNU kota Semarang dengan sasaran zakat delapan ashnaf telah disalurkan dengan baik sesuai dengan visi misi dari LAZISNU. Meskipun dalam penyalurannya LAZISNU tidak memberikan semua bagian dari masing-masing ashnaf melainkan bagian tersebut dituangkan dalam bentuk program-program pendayagunaan LAZISNU.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Program pendayagunaan; Sasaran zakat; Konsep pedayagunaan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Haidar Ainul Hakim
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:51
Last Modified: 27 Dec 2021 02:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14628

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics