pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui wisata de Bale di Desa Cingkrong Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan

Nurizzati, Danin Rahma (2021) pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui wisata de Bale di Desa Cingkrong Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601046039_Danin Rahma Nurizzati_SKRIPSI LENGKAP] Text (1601046039_Danin Rahma Nurizzati_SKRIPSI LENGKAP)
DANIN RAHMA NURIZZATI_1601046039_FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Nama: Danin Rahma Nurizzati, NIM: 1601046039, Judul Skripsi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Wisata De Bale di Desa Cingkrong Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Jurusan Penembangan Masyarakat Islam. Pembimbing Dr. Agus Riyadi, S.Sos.I. M.S.I dan Drs. Kasmuri, M.Ag.
Pemberdayaan masyarakat (community empowerment) dan pembangunan masyarakat(community development)yang perlu dilakukan oleh pemerintah untuk memfasilitasi masyarakat lokal dalam merencanakan, memutuskan dan mengelola sumberdaya yang dimiliki oleh desa agar memiliki kemampuan inovatif dan kemandirian secara ekonomi. Pemberdayaan ekonomi masyarakat merupakan upaya untuk memandirikan masyarakat dengan cara mengubah perspektif yang awalnya masyarakat sebagai objek pembangunan kini menjadi masyarakat sebagai subjek pembangunan pemerintahan dalam mensejahterakan masyarakat untuk membangun masyarakat mandiri. Desa Cingkrong Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan merupakan salah satu desa yang melakukan pemberdayaan melalui wisata yaitu Wisata De Bale Fun and Education. Wsata De Bale ini dikelola langsung oleh BUMDes Cingkrong Makmur dalam naungan Pemerintahan Desa Cingkrong. Sebelum adanya wisata di Desa Cingkrong masyarakat hanya bekerja sebagai tani dan kurangnya lapangan pekerjaan di desa Cingkrong.
Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Adapun pengambilan data informa menggunakan purposive, yaitu teknik pengambilan informa yang didasarkan atas pertimbangan tertentu, dengan memilih anggota tertentu yang telah dipertimbangkan dapat memberikan data yang diperlukan oleh peneliti.
Hasil penelitian dalam melihat pemberdayaan ekonomi menggunakan tahapan-tahapan dalam proses pembangunan dan pemberdayaan yaitu Tahap penyadaran, tahap perkapasitasan, tahap kemampuan intelektual, tahap pendayaan, tahap networking dan tahap evaluasi. Proses pemberdayaan dilakukan oleh BUMDes Cingkrong Makmur terhadap masyarakat Desa Cingkrong menghasilkan beberapa hal yaitu meningkatkan taraf hidup mandiri, peningkatan ekonomi, membuka lapangan pekerjaan dan mempererat kekeluargaan masyarakat dalam membangun Desa
Masyarakat Desa Cingkrong menjadi berdaya karena adanya wisata De Bale warga juga mendapatkan pekerjaan, mendapatkan pelatihan tata boga serta mendapatkan pelatihan public speaking, dan pelatihan outbound. Berdirinya wisata De Bale memberikan dampak posotif bagi masyarakat karena mendapatkan perubahan ekonomi yang meningkat. Dampak ekonomi dirasakan masyarakat yang memiliki warung makan, souvernir, lahan parkir serta pembuatan kripik yang disuplai di wisata De Bale.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi; Masyarakat; Wisata de Bale; Cingkrong
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 13 Dec 2021 11:30
Last Modified: 13 Dec 2021 11:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14630

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics