Strategi komunikasi website LAZISNU Pati dalam menarik masyarakat untuk berzakat pada masa pandemi covid-19

Dewangga, Tofani Erik (2021) Strategi komunikasi website LAZISNU Pati dalam menarik masyarakat untuk berzakat pada masa pandemi covid-19. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701026161_TOFANI_ERIK_DEWANGGA] Text (Skripsi_1701026161_TOFANI_ERIK_DEWANGGA)
1701026161_Tofani Erik Dewangga_Lengkap Tugas Akhir - Dewangga Chanel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan zaman yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan informasi dan komunikasi seperti saat ini, website menjadi salah satu sarana untuk memenuhi kebutuhan yang dapat diandalkan dalam hal informasi. Menurut (Morissan:2008) perkembangan teknologi yang semakin berkembang ini dapat mengubah kemampuan pola berfikir dalam mendapatkan informasi yang semakin berpengaruh dalam segi kehidupan beragama.
Salah satu dampak dari kemajuan perkembangan teknologi ditandai dengan munculnya berbagai platform yang biasanya digunakan untuk mengakses seluruh arus informasi yang berada disuatu lembaga pemerintahan yang dinamakan website. (Mondry:2008) mengkategorikan website menjadi salah satu new media yang dapat menciptakan beragam inovasi, gagasan, ide yang didalam menggunakan akses internet fleksibel dan berfungsi secara privat maupun publik dalam menciptakan komunikasi interaktif.
Salah satu lembaga yang saat ini memanfaatkan kehadiran website adalah Lazisnu Pati (Lembaga Amil Zakat, Infaq, Shadaqoh Nahdotul Ulama), yang didalamnya mengajarkan suatu prinsip Islam mengenai bentuk filantropi dalam wujud pendermaan harta yang harus dilaksanakan dan menjadi kewajiban oleh setiap umat manusia. Menurut (Sharif Chaudhry: 2012:79) pembagian kekayaan yang dimiliki setiap manusia terlebih dahulu dikumpulkan dalam bentuk pemungutan wajib seperti zakat, infaq dan sedekah. secara umum digunakan dengan tujuan agar distribusi kekayaan yang ada berjaan merata diantara anggota masyarakat muslim lainya.
Namun saat ini dalam tatanan kultural, pihak masyarakat dalam mengelola dana zakat juga belum maksimal, bahkan dengan adanya kondisi pandemi covid-19 yang sudah terbukti telah menjadi persoalan utama pelaksaan zakat yang dilakukan semakin tidak terkendali. Maka dari itu diperlukan masyarakat yang mandiri melalui proses penyaluran yang profesianal agar terbentuk kemandirian sosial maupun kemadirian ekonomi disegala kondisi (Ruliana:2014:2).
Berdasarkan realita yang telah dijelaskan diatas, maka penelitian ini sangat menarik untuk dilakukan mengingat peranan zakat dalam pemberdayaan umat serta, relaitas yang saat ini terjadi daman covid-19 semakin membuat ekonomi masyarakat semakin sulit. Dengan menggunakan metode kualitatif, melalui pendekatan fenomenologi dan teknik analisis dari miles hurbermen dengan model pencarian data wawancara dan dokumentasi maka di peroleh hasil penelitian yaitu, untuk Website lazisnu Pati telah memenuhi Strategi komunikasi yang efektif karena menggunakan sistem branding , dapat menjalin bentuk kerjasama dengan instansi lainya dan dikelola oleh beberapa komunitas dan lembaga pusat NU, terdapat bentuk strategi persuasive sebagai bahan untukpemberian materi pendistribusian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi; Website; Zakat; Pandemi covid-19
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 23 Dec 2021 03:43
Last Modified: 23 Dec 2021 03:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14631

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics