Analisis patriarki dalam film “Nanti kita cerita tentang hari ini” : suatu perspektif dakwah

Yulina, Yulina (2021) Analisis patriarki dalam film “Nanti kita cerita tentang hari ini” : suatu perspektif dakwah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701026158_YULINA_Lengkap] Text (SKRIPSI_1701026158_YULINA_Lengkap)
1701026158_Yulina_Lengkap Tugas Akhir - Yulina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi dalam film bergenre drama keluarga Indonesia. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis patriarki dalam film drama keluarga berjudul “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” melalui perspektif dakwah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik dokumentasi dengan mengumpulkan bukti adegan patriarki dalam film. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini”. Kemudian temuan pada penelitian dianalisis oleh peneliti dari sudut pandang dakwah Islam terhadap patriarki.
Hasil penelitian menunjukkan adanya adegan-adegan bermuatan patriarki baik dalam ranah privat maupun publik. Temuan tersebut bertolak belakang dengan pandangan dakwah terhadap patriarki itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan poin-poin patriarki dalam ranah berikut : (1) Pengambilan keputusan sepihak oleh laki-laki, (2) Doktrin laki-laki sebagai penjaga dan pemilik tanggung jawab, (3) Keterbatasan hak dengar perempuan, (4) Pemanfaatan jabatan sebagai bukti keberhasilan karir, (5) Mengatur keluarga dalam ranah personal, (6) Ketakutan berpendapat perempuan, (7) Penyampaian pesan dengan strategi yang salah.
Penemuan dalam film yang telah tersebut di atas dilatarbelakangi oleh konstruksi patriarki yang masih berjalan hingga saat ini di masyarakat. Dengan demikian pengangkatan budaya patriarki dalam film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” belum sesuai dengan pandangan dakwah terhadap patriarki itu sendiri, dimana dakwah Islam menghargai dan menghormati peran pada perempuan dan tidak selalu menjadikan laki-laki sebagai pemilik posisi nomor satu dalam ranah privat maupun publik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Film; Patriarki; Media dakwah; “Nanti kita cerita tentang hari Ini”
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:56
Last Modified: 27 Dec 2021 02:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14639

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics