Strategi pengumpulan dan pendistribusian zakat infaq dan shadaqah saat pandemi covid-19 di LAZISNU Kota Semarang

Mahbubah, Ummu (2021) Strategi pengumpulan dan pendistribusian zakat infaq dan shadaqah saat pandemi covid-19 di LAZISNU Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701036164_UMMU_MAHBUBAH_Lengkap] Text (SKRIPSI_1701036164_UMMU_MAHBUBAH_Lengkap)
SKRIPSI_1701036164_UMMU_MAHBUBAH_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ditulis oleh Ummu Mahbubah (1701036164) dengan judul “Pengumpulan dan Pendistribusian Zakat, Infaq dan Shadaqah saat Pandemi Covid-19 di LAZISNU kota Semarang”. Penelitian ini ingin menjawab problem (1) Bagaimana Pengumpulan zakat, infaq dan shadaqah LAZISNU kota Semarang saat pandemi covid-19, (2) bagaimana pendistribusian zakat, infaq dan shadaqah LAZISNU kota Semarang saat pandemi covid-19.
Adapun metode penelitian yang penulis gunakan yaitu penelitian kualitatif dengan data berupa data primer (data yang diperoleh langsung dari sumber asli dan tidak melalui perantara) dan sekunder (sumber data yang diperoleh oleh peneliti secara tidak langsungmelalui perantara diperoleh dari catatan dan dokumentasi) . sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah itu, data yang diperoleh dianalisis untuk ditarik kesimpulannnya.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pengumpulan zakat, infaq dan shadaqah saat pandemi covid-19 di LAZISNU kota Semarang dilakukan menggunakan metode fundraising langsung dan tidak langsung, dilakukan secara langsung yaitu LAZISNU kota Semarang menyediakan berbagai layanan yaitu layanan membayar langsung di kantor terdekat, datang langsung ke kantor LAZISNU kota Semarang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, melalui layanan transfer ATM atau internet banking, layanan jemput donasi saat pandemi layanan ini harus mematuhi protokol kesehatan dan tidak boleh dilakukan di tempat kerumunan serta membuka stand pembayaran infaq dan shadaqah di acara-acara keagamaan NU. Secara tidak langsung melalui promosi dengan menggunakan selebaran, promosi lewat media sosial dan menghimpun melalui gerakan KOINNU (2) pendistribusian zakat,infaq dan shadaqah saat pandemi covid-19 di LAZISNU kota Semarang. LAZISNU kota Semarang membuat trobosan program baru untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak krisis akibat pandemi covid-19, yaitu dengan menciptakan program pentasarufan kepada masyarakat terdampak, penyemprotan disinfektan dan pentasarufan sembako kepada driver Go-Jek yang mengalami penurunan penghasilan. Pendistribusiannya dilakukan secara komsumtif dengan memberikan paket sembako untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengumpulan ZIS, Pendistribusian ZIS, Pandemi Covid-19
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Haidar Ainul Hakim
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:57
Last Modified: 27 Dec 2021 02:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14641

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics