Penetapan mustahiq zakat NU Care-LAZISNU Kota Semarang pada masa pandemi Covid-19

Absor, Ulil (2021) Penetapan mustahiq zakat NU Care-LAZISNU Kota Semarang pada masa pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701036146_ULIL_ABSOR_Lengkap] Text (SKRIPSI_1701036146_ULIL_ABSOR_Lengkap)
SKRIPSI_1701036146_ULIL_ABSOR_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul: Penetapan Mustahiq Zakat NU CARE-LAZISNU Kota Semarang Pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini dilatar belakangi oleh situasi Pandemi Covid-19 yang mewabah hampir di seluruh dunia. Kondisi tersebut mengakibatkan banyak masyarakat yang terkena dampak pandemi. Hal itu dikarenakan adanya pembatasan sosial yang di insrtuksikan oleh pemerintah melalui kebijakan social distancing dan physical distancing dalam PPKM (Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). oleh sebab itu, membuat kondisi ekonomi masyarakat menjadi melemah. Penetapan calon mustahiq pada masa Pandemi Covid-19 sangat penting dilakukan karena saat ini umat manusia sedang dihadapkan dengan kondisi yang serba sulit dan banyak memerlukan bantuan baik dalam bentuk meteri maupun finansial. Dari permasalahan tersebut, maka peneliti ingin mengetahui pertimbangan dalil Al-Qur’an atau undang-undang dalam menetapkan kriteria mustahiq zakat, bagaimana NU-CARE LAZISNU Kota Semarang dalam menentukan kriteria mustahiq zakat dan kriteria baru yang ditetapkan NU-CARE LAZISNU Kota Semarang dalam menetapkan kriteria mustahiq.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan oleh penulis yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari amil NU CARE-LAZISNU Kota Semarang. Sumber data sekunder diperoleh melalui buku-buku, jurnal, artikel, dokumentasi, dan sumber lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Sedangkan untuk memperoleh informasi dan data-datanya peneliti melakukan wawancara dan dokumentasi. Kemudian dari data yang terkumpulkun, peneliti menganalisis mengunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa NU CARE-LAZISNU Kota Semarang menggunakan dalil Al-Qur’an Surah At-Taubah ayat 60 dan Undang-undang No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Proses penetapan kriteria mustahiq zakat NU CARE-LAZISNU Kota Semarang dilakukan dengan tiga tahap yaitu, 1. Pendataan calon mustahiq, 2. Verifikasi data calon mustahiq, 3. Penetapan calon mustahiq dan pentasyarufan zakat. Kriteria baru untuk menetapkan mustahiq zakat selama Pandemi Covid-19 di NU CARE-LAZISNU Kota Semarang mengalami perubahan. Perubahan ini dapat dilihat dari indikator-indikator dalam menetapkan mustahiq zakat. Sebelum Pandemi Covid-19 indikator terdiri dari keadaan rumah, pekerjaan, penghasilan. Sedangkan pada masa Pandemi Covid-19 indikator dievaluasi dengan menambahkan kriteria baru calon mustahiq zakat yaitu. 1. Terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) atau kehilangan pekerjaan, 2. Mengalami kebangkrutan atau penutupan usaha, 3. Keterbatasan waktu dalam bekerja yang mengakibatkan penurunan penghasilan. Calon mustahiq yang memiliki rumah bagus dan memiliki hak penuh atas rumah yang ditempati, namun memenuhi idikator baru tetap mendapakan bantuan zakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mustahiq; Zakat; Pandemi Covid-19
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Haidar Ainul Hakim
Date Deposited: 15 Dec 2021 10:24
Last Modified: 15 Dec 2021 10:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14675

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics