Analisis materi ghibah dalam tayangan infotainment insert Trans tv

Anindhita, Widyaning Sekar Ayu (2021) Analisis materi ghibah dalam tayangan infotainment insert Trans tv. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of _1401026074_Widyaning Sekar Ayu Anindhita_Lengkap] Text (_1401026074_Widyaning Sekar Ayu Anindhita_Lengkap)
1401026074_WIDYANING SEKAR_LENGKAP TUGAS AKHIR - Widyaning Sekar Ayu Anindhita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Infotainment secara umum seringkali membahas tentang kehidupan para artis yang mana diperoleh berdasarkan dugaan atau dari suatu permasalahan yang belum jelas faktanya atau ghibah. Melihat sifat masyarakat Indonesia yang cenderung mudah mempercayai suatu permasalahan tanpa melihat faktanya, berita-berita yang disajikan oleh infotainment riskan untuk menggiring opini dan gaya hidup masyarakat untuk mengikuti dan mempercayai yang disajikan oleh infotainment.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode analisis isi yang bertujuan untuk menganalisis materi ghibah dalam tayangan infotainment Insert Trans TV. Setiap komunikasi selalu berisi pesan, baik verbal maupun nonverbal. Dalam penelitian kualitaitf, penggunaan analisis isi lebih banyak ditekankan pada bagaimana simbol-simbol yang ada pada komunikasi itu terbaca dan dianalisis oleh peneliti. Terdapat empat tahapan analisis isi yang digunakan dalam metode penelitian ini, yaitu menentukan unit analisis, menentukan kategori, koding data, dan analisis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi ghibah yang terdapat pada tayangan infotainment Insert Trans TV periode Januari – Februari 2020 memiliki 10 episode yang memuat materi ghibah. Materi ghibah meliputi beberapa aspek, antara lain: ghibah atau mengumpat dengan lugas, ghibah atau mengumpat dengan isyarat, ghibah atau mengumpat dengan do’a, ghibah atau mengumpat dengan kekaguman, dan ghibah atau mengumpat dengan pujian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Infotainment; Ghibah; Televisi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:20
Last Modified: 27 Dec 2021 03:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14677

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics