Pesan dakwah ukhuwah basyariyah dalam iklan youtube tokopedia

R, Muhammad Prabowo Wahyu (2021) Pesan dakwah ukhuwah basyariyah dalam iklan youtube tokopedia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of _1401026123_Muhammad Prabowo Wahyu R_Lengkap] Text (_1401026123_Muhammad Prabowo Wahyu R_Lengkap)
1401026123_M PRABOWO WR_REVISI SKRIPSI Prabowo FIX - Prabowo Muhammad.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Iklan sering menjadi pengisi dalam ruang media, baik cetak maupun elektronik.Iklan merupakan salah satu bentuk promosi yang paling dikenal dan cukup banyak dibahas orang. Hal ini tentu saja karena iklan memiliki jangkauan yang sangat luas. Melihat kemampuan yang dimiliki dan dampak yang besar bagi masyarakat, iklan bisa dijadikan sebagai media untuk menyampaikan pesan dakwah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami deskripsi penanda dan petanda dalam iklan Tokopedia pada versi iklan Yang Terutama, Cerita di Balik Jahitan - Hari Difabel Internasional, Bersama OVO x Tokopedia x Grab Kita Bisa Berbagi Lebih Banyak!, untuk mengetahui pesan dakwah yang terkandung pada iklan tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pengumpulan data dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan analisis semiotik Roland Barthes.
Hasil yang diperoleh dalampenelitian ini adalah pesan ukhuwah basyariyah yang terkandung pada iklan Tokopedia pada versi iklan Yang Terutama, Cerita di Balik Jahitan - Hari Difabel Internasional, Bersama OVO x Tokopedia x Grab Kita Bisa Berbagi Lebih Banyak!. pesan yang diperoleh berupa pesan verbal dialog dan monolog serta penanda non verbal pada setiap gambar scene yang ditemukan pada iklan Tokopedia. Pesan ukhuwah basyariah pada iklan tersebut yaitu menjunjung harkat martabat manusia, menghormati sesama manusia, tolong menolong sesama manusia. Menghormati sesama manusia adalah kunci hidup rukun serta dapat menimbulkan kemaslahatan bagi masyarakat. Menghargai sesama sebagaimana manusia pada umumnya tanpa memandang kondisi fisik seperti difabel yang bisa memperoleh hak yang sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesan; Ukhuwah basyariyah; Iklan; Youtube; Tokopedia
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:23
Last Modified: 27 Dec 2021 03:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14679

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics