Implementasi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengoperasian aplikasi SIM-ZISKA di LAZISMU Kota Semarang

Esa, Ari Tri Rangga (2021) Implementasi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengoperasian aplikasi SIM-ZISKA di LAZISMU Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1701036106_ARI_TRI_RANGGA_ESA_Lengkap] Text (SKRIPSI_1701036106_ARI_TRI_RANGGA_ESA_Lengkap)
SKRIPSI_1701036106_ARI_TRI_RANGGA_ESA_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Sumber daya manusia merupakan satu-satunya sumber daya yang memiliki akal perasaan, keinginan, keterampilan, pengetahuan, dorongan, daya, dan karya (rasio, rasa, dan karsa). Dalam mempertahankan eksistensinya, perusahaan atau organisasi harus memperhatikan sumber daya manusia yang dimilikinya. Karena buruk dan baiknya sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan atau organisasi, dapat menentukan kualitas dari perusahaan atau organisasi tersebut. Maka sudah seyogyanya, perusahaan atau organisasi menaruh perhatian khusus dalam pengelolaan sumber daya manusianya.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu guna mengetahui (1) Bagaimana implementasi sumber daya manusia dalam pengoperasian aplikasi Sim-Ziska di Lazismu Kota Semarang? Dan (2) Bagaimana upaya Lazismu kota semarang untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam mengoperasikan aplikasi Sim-Ziska?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan obyek penelitianya adalah pengelolaan sumber daya manusia dalam pengoperasian aplikasi Sim-Ziska di Lazismu Kota Semarang. Selain itu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan (1) Observasi (2) Wawancara dan (3) Dokumentasi. Guna menguji keabsahan data, dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Sementara ituanalisis dalam penelitian ini ada tiga yaitu, (1) Reduksi data (2) Display data (3) Konklusi dan Verifikasi data.
Penelitian ini memiliki hasil bahwa sumber daya manusia yang ada di Lazismu Kota Semarang dapat dikategorikan mumpuni dalam mengoperasikan aplikasi Sim-Ziska, meskipun belum terdapat divisi manajemen sumber daya manusia di Lazismu Kota Semarang. Hal ini dibuktikan dengan penemuan data di lapangan bahwa semua masalah yang berkaitan dengan operasional aplikasi Sim-Ziska dapat teratasi dan hingga sekarang Lazismu Kota Semarang masih mempertahankan sumber daya manusianya dalam mengoperasikan aplikasi Sim-Ziska. Di samping itu, personalia yang ada di Lazismu Kota Semarang membangun kerjasama secara kolektif untuk membantu meningkatkan sumber daya manusia yang ada di bawah levelnya.
Upaya yang dilakukan oleh Lazismu Kota Semarang dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusianya sebagai berikut: (1) Upaya yang dilakukan oleh Eksekutif Manajer : Planning, Organizing, Directing, Controlling. (2) Sedangkan upaya yang dilakukan oleh Divisi yang ada di Lazismu Kota Semarang sebagai berikut: Menganalisis kemampuan, Kegiatan Edukatif, dan Pelayanan Konsultasi. Lazismu Kota Semarang belum merasa sempurna dalam upaya meningkatkan sumber daya manusianya terutama dalam pengoperasian aplikasi Sim-Ziska. Lazismu Semarang akan terus mengadakan perbaikan sistem dalam mengelola sumber daya manusianya dan akan terus berupaya memberikan masukan-masukan atau saran yang konstruktif dalam pengembangan aplikasi Sim-Ziska yang dimiliki oleh Lazismu Jawa tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen SDM; Pengelolaan; Lembaga zakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Haidar Ainul Hakim
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:24
Last Modified: 27 Dec 2021 03:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14680

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics