Program acara muslim travelers di Net tv dalam pandangan Majelis Ulama Indonesia Jawa Tengah

Zulfikar, Moch. Aditya (2021) Program acara muslim travelers di Net tv dalam pandangan Majelis Ulama Indonesia Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1401026128_Moch. Aditya Zulfikar_Lengkap] Text (Skripsi_1401026128_Moch. Aditya Zulfikar_Lengkap)
1401026128_Moch Aditya Zulfikar_Lengkap Tugas Akhir - Moch Adit.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Bulan Ramadhan stasiun televisi menampilkan program dengan semangat Ramadhan. Salah satu program yang dinantikan pada bulan Ramadhan adalah “Muslim Travelers” di Net TV. Muslim travelers berhasil memenangkan ajang Anugerah Syiar Ramadhan pada tahun 2015, 2016, 2019, dan 2020. Anugerah Syiar Ramadhan merupakan ajang penghargaan oleh MUI bersama KPI kepada lembaga penyiaran yang memberikan tayangan sehat, mendidik, dan sesuai dengan peraturan penyiaran. Berdasarkan hal tersebut, peneliti ingin mengetahui pendapat MUI Jawa Tengah terhadap program “Muslim Travelers” di Net TV.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti mengumpulkan data dengan melakukan wawancara langsung dengan dua narasumber yaitu sekretaris MUI Jawa Tengah dan anggota Komisi Informatika dan Komunikasi MUI Jawa Tengah pada April 2020. Dilengkapi dengan data yang diperoleh dari internet dan buku. Peneliti menganalisis menggunakan metode Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diuraikan bahwa MUI Jawa Tengah menilai program “Muslim Travelers” mampu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Daya tarik dari program tersebut adalah menyajikan sejarah peradaban Islam di berbagai negara Islam minoritas. Hal ini dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan pemirsa. Selain itu, menurut MUI Jawa Tengah program “Muslim Travelers” menggambarkan kemudahan muslim berkunjung ke negara-negara Islam minoritas dan memiliki islamophobia. Adapun lima isi program “Muslim Travelers” yang menjadi nilai tambah dalam penilaian ASR adalah mengenalkan budaya Islam di negara-negara minoritas, menggambarkan bahwa Islam mampu berjalan dengan modernitas di negara-negara maju, memperlihatkan sosial budaya Islam di beberapa negara, syiar Islam sesuai dengan keilmuan, serta informasi dikemas dengan menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah; Muslim travelers
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:25
Last Modified: 27 Dec 2021 03:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14681

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics