Almenak dinding dalam perspektif astronomi

al-Hakim, Muhammad Nu’man (2021) Almenak dinding dalam perspektif astronomi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1502046004_MUHAMMAD NU’MAN AL-HAKIM_SKRIPSI LENGKAP] Text (1502046004_MUHAMMAD NU’MAN AL-HAKIM_SKRIPSI LENGKAP)
1502046004_Muhammad Nu_man Al-Hakim_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Almenak Dinding. Almenak Dinding merupakan salah satu bentuk penanggalan klasik yang mana hanya sedikit orang yang menggunakan penanggalan tersebut karena kurang dikenal masyarakat. Sehingga penulis tertarik untuk membahas Almenak Dinding lebih dalam dari segi konsep dan pandangan secara astronomi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep yang digunakan Almenak Dinding sebagai penanggalan hasil dari bentuk kearifan lokal Jawa dan menganalisis Almenak Dinding dalam pandangan astronomi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif - kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan literatur dan didukung dengan wawancara. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan metode deskriptif-analitik.
Hasil penelitian ini yaitu; 1) Almenak Dinding adalah penanggalan lokal yang menggabungkan beberapa penanggalan yang ada di Jawa, 2) Ditemukan selisih antara Almenak Dinding yang mengacu pada kalender Gregorian dengan tahun tropis sebesar 0.0003 hari atau sama dengan 12 detik. Jika diakumulasikan 12 detik tersebut maka dalam kurun waktu 3600 tahun akan menjadi 1 hari dan seterusnya. Almenak Dinding masih relevan jika digunakan dalam jangka waktu dekat karena selisih pergeseran tahun masih sangat kecil. Namun, Almenak Dinding kemungkinan besar tidak relevan lagi jika digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama diakibatkan adanya selisih pergeseran setiap tahun yang semakin lama semakin besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penanggalan; Almenak Dinding; Konsep; Astronomi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 14 Dec 2021 10:47
Last Modified: 14 Dec 2021 10:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14683

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics