Penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam pelaksanaan program dakwah gerakan pemuda ansor (studi kasus di Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) ansor Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang)

Nurmala, Aida (2021) Penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam pelaksanaan program dakwah gerakan pemuda ansor (studi kasus di Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) ansor Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang). Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1701036103_AIDA_NURMALA_Lengkap] Text (SKRIPSI_1701036103_AIDA_NURMALA_Lengkap)
SKRIPSI_1701036103_AIDA_NURMALA_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Penerapan Fungsi-fungsi Manajemen dalam Pelaksanaan Program Dakwah di Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang” memiliki tujuan untuk mengetahui penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam pelaksanaan program dakwah di PAC GP Ansor Kecamatan Warungpring serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program dakwah di PAC GP Ansor Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang. Penelitian ini dilakukan karena melihat fenomana dakwah di zaman sekarang yang banyak di lakukan oleh organisasi-organisasi keagamaan dimana organisasi-organisasi tersebut memiliki manajemennya tersendiri, salah satunya dalam penerapan fungsi-fungsi manajemennnya, sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul tersebut. adapun rumusan masalah yang terdapat dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam pelaksanaan program dakwah di PAC GP Ansor Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program dakwah di PAC GP Ansor Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang?
Penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati. Sumber data penelitian yang digunakan yaitu sumber data primer berupa informasi-informasi dari lapangan melalui metode wawancara dengan ketua GP Ansor Kecamatan Warungpring, Wakil Ketua bidang dakwah, serta Sekretaris GP Ansor Kecamatan Warungpring. Kemudian data sekunder yang digunakan yaitu buku-buku, jurnal penelitian serta penelitian lain yang berkaitan dengan GP Ansor. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PAC GP Ansor Kecamatan Warungpring telah menerapkan fungsi-fungsi manajemen dalam pelaksanaan program dakwahnya mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan serta pengawasan. Adapun program-program dakwah di PAC GP Ansor Kecamatan Warungpring terbagi menjadi tiga bidang, yaitu bidang dakwah terdapat program majelis zikir solawat rijalul ansor, bidang ekonomi terdapat pelatihan-pelatihan kewirausahaan serta bidang sosial terdapat program berupa pemberian bantuan-bantuan kepada masyarakat kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang.
Faktor pendukung dalam pelaksanaan program dakwah di PAC GP Ansor Warungpring yaitu mayoritas Kecamatan Warungpring merupakan Nahdlatul Ulama (NU), memiliki struktur kepengurusan yang jelas dari PAC hingga Ranting, kader-kader nya memiliki jabatan maupun pekerjaan yang strategis serta GP Ansor Warungpring juga telah memiliki beberapa padan usaha di masing-masing ranting. faktor penghambat dalam pelaksanaan program di PAC GP Ansor Kecamatan Warungpring yaitu kecamatan Warungpring merupakan salah satu kecamatan terkecil di kabupaten Pemalang serta masyarakat nya banyak yang merantau, kurangnya semangat dari para anggota, belum memiliki gedung sendiri untuk melaksanakan setiap kegiatan serta kurangnya pendanaan yang dimiliki oleh PAC GP Ansor Kecamatan Warungpring.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Fungsi-fungsi manajemen; Program dakwah; GP ansor
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Haidar Ainul Hakim
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:32
Last Modified: 07 Jan 2022 02:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14685

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics