Implementasi penyaluran dana pembiayaan Mikro Syariah (M1) kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di KSPPS Tamzis Bina Utama KC PIW (Pasar Induk Wonosobo)

Putri, Richa Prisdiani (2020) Implementasi penyaluran dana pembiayaan Mikro Syariah (M1) kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di KSPPS Tamzis Bina Utama KC PIW (Pasar Induk Wonosobo). Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TUGAS_AKHIR_1705015060_RICHA_PRISDIANI_PUTRI] Text (TUGAS_AKHIR_1705015060_RICHA_PRISDIANI_PUTRI)
TUGAS_AKHIR_1705015060_RICHA_PRISDIANI_PUTRI.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Produk pembiayaan mikro syariah adalah salah satu produk pembiayaan di KSPPS Tamzis Bina Utama . Produk pembiayaan ini merupakan produk pembiayaan yang didedikasikan untuk pelaku usaha yang membutuhkan pembiyaaan untuk mengembangkan usahanya. Produk Pembiayaan mikro syariah dibagi menjadi 2 flafond pembiayaan yaitu pembiayaan dengan plafond dibawah Rp. 25 juta atau yang sering disebut dengan pembiayaan mikro syariah satu (M1) dan pembiayaan dengan plafond diatas Rp. 25 juta atau yang sering disebut dengan dengan pembiayaan mikro syariah dua (M1). Dalam penelitian ini penulis membahas mengenai pembiayaan mikro syariah satu.
Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian dengan metode kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara menganalisis objek yang diteliti secara langsung. Objek yang diteliti adalah KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang PIW (Pasar Induk Wonosobo) . Data – data pada penelitian ini terdiri dari data sekunder dam data primer. Penulis memperoleh data-data melaui, wawancara, observasi, dan dokumentasi, data yang telah terkumpul dianalisis oleh peneliti menggunakan metode deskriptif
Berdasarkan hasil penelitian dan pembhasan yang telah dilakukan oleh penulis, maka dapat ditarik kesimpulan, sebagai berikut : pertama prosedur pembiayaan yaitu Mengajukan pembiayaan kekantor tamzis terdekat dengan membawa dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan. Lalu dokumen tersebut diverifikasi oleh oleh pihak tamzis, Tamzis melakukan persiapan survey dengan menunjuk team survey, Pihak tamzis melakukan survey terhadap anggota yang mengajukan pembiayaan., Ananlisis terhadap anggota yang mengajukan pembiayaan, untuk memastikan bahwa anggota layak diberikan pembiayaan, Komite, Pengikatan akad antara ke dua belah pihak, Pencairan dana pembiayaan, Monitoring terhadap anggota yang dibiayai.. penelitian yang kedua yaitu mengenai kendala yang dihdapi dalam peyaluran dana pembiayaa.terdapat beberapa kendala yang dihdapi dalam penyaluran pembiayaan di KPPS Tamzis Bina Utama Cabang PIW (Pasar Induk Wonosobo) akan tetapi tamzis memiliki strategi untuk menangani kendala tersebut, sehingga kendala tersebut tidak menjadi halangan yang berarti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penyaluran dana; Pembiayaan mikro; UMKM.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 14 Dec 2021 11:21
Last Modified: 14 Dec 2021 11:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14687

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics