Analisis pesan tentang nadzar dalam film “insya Allah sah 2”

Adam, Moh Riza Rizaqi (2021) Analisis pesan tentang nadzar dalam film “insya Allah sah 2”. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501026051_Moh Riza Rizqi Adam_Skripsi Lengkap] Text (1501026051_Moh Riza Rizqi Adam_Skripsi Lengkap)
1501026051_Moh Riza Rizqi Adam_Tugas Akhir - Riza Riz.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Nadzar dalam kehidupan di masyarakat sudah menjadi hal yang tidak asing lagi. Terkadang dalam berandai-andai muncul sebuah komitmen pada diri manusia untuk menjanjikan (nadzar) sesuatu yang asalnya mubah menjadi sesuatu yang wajib bagi diri manusia itu sendiri jika yang di inginkan tercapai. Manusia pada hakikatnya adalah makhluk sosial yang hidup secara berdampingan. Sebagai bagian dari suatu lingkungan sosial, manusia dalam kehidupan sehari-harinya tidak lepas dari proses pertukaran informasi yang lebih dikenal sebagai proses komunikasi. Komunikasi dalam islam bisa diartikan dengan Dakwah, atau lebih tepatnya komunikasi persuasif, karena hakikat dakwah adalah mengajak. Salah satu komponen yang harus ada dalam berjalannya dakwah adalah media, media dapat dijadikan sebagai media dakwah, salah satunya adalah media komunikasi massa seperti film. Film-film dengan tema religi sangat banyak di Indonesia, ini menjadi fenomena yang sudah lama hadir di dunia film Indonesia. Salah satunya adalah film “Insya Allah Sah 2”. Film Insya Allah Sah 2 adalah film yang bergenre Action Comedy karya Manoj Punjabi yang diangkat dari novel karya Asma Nadia. Film ini erat kaitannya dengan pesan-pesan dakwah untuk disampaikan kepada penonton yaitu tentang kewajiban memenuhi janji atau tentang nadzar. Seseorang yang sudah bernadzar sebaiknya segera memenuhi nadzar tersebut. Film ini menceritakan bagaimana tokoh bernama Raka terus mengingatkan kepada Gani yang telah bernadzar untuk bertaubat, namun Gani sering lupa akan nadzarnya sehingga Raka setiap saat harus mengingatkannya.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, yaitu video film “Insya Allah Sah 2” yang dijadikan objek penelitian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis isi (Content Analysis). Metode analisis isi yang dilakukan merupakan teknik ilmiah yang ditujukan untuk mengetahui gambaran karekteristik isi dan menarik inferensi dari isi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesa-pesan tentang nadzar yang ada didalam film Insya Allah Sah 2 yaitu merupakan kewajiban yang dibuat oleh muslim bagi dirinya untuk mendekatkan diri kepada Allah. Nadzar yang dimaksud adalah nadzar dalam ketaatan. Nadzar merupakan sesuatu yang harus ada pada pelaksanaan nadzar tersebut, diantaranya adalah subjek atau orang yang bernadzar, objek atau yang di nadzarkan dan shighat atau pernyataan yang menyatakan adanya nadzar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Nadzar; Film
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 28 Dec 2021 03:27
Last Modified: 28 Dec 2021 03:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14690

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics