Pengaruh CAR, FDR dan BOPO terhadap profitabilitas (ROA) dengan NPF sebagai variabel moderating : studi kasus pada bank umum syariah Indonesia tahun 2015-2019

Sulistyoningsih, Tri Indah (2021) Pengaruh CAR, FDR dan BOPO terhadap profitabilitas (ROA) dengan NPF sebagai variabel moderating : studi kasus pada bank umum syariah Indonesia tahun 2015-2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705036108_Tri_Indah_Sulistyaningsih] Text (Skripsi_1705036108_Tri_Indah_Sulistyaningsih)
Skripsi_1705036108_Tri_Indah_Sulistyaningsih.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh dampak rasio terhadap profitabilitas dengan menggunakan Return On Asset. Profitabilitas rasio digunakan untuk menganalisis kapasitas suatu perusahan dalam mengukur kegiatan operasional perusahaan. Pengujian ini melihat komponen-komponen yang dapat mempengaruhi profitabilitas Bank Umum Syariah. Khususnya rasio kecukupan modal yang diestimasikan menggunakan Capital Adequacy Ratio (CAR), rasio tentang risiko likuiditas yang diestimasika menggunakan Financing to Deposit Ratio (FDR), rasio tentang perbandingan antara biaya operasional dan pendapatan yang diestimasi menggunakan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), sehingga profitabilitas sudah diestimasi dengan Return On Asset (ROA) dengan risiko pembiayaan yang diestimasi oleh Non Perfoming Financing (NPF) sebagai variabel moderating.
Teknik dalam akumulasi data yang dilakukan yaitu melihat dari data dalam laporan keuangan melalui website masing-masing bank yang resmi. Data Populasi yang digunakan Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2015-2019. Teknik dalam mengambil sampel dengan Purposive Sampling, dengan memenuhi syarat sehingga peneliti dapat menentukan 12 Bank Umum Syariah. Sampel penelitian yang digunakan merupakan data panel time series dan cross section. Data yang dihasilkan dikerjakan atau diolah dengan menggunkan aplikasi Eviews 11. Teknik untuk menganalisis ini menggunakan uji statistik deskriptif, uji stasioneritas, uji regresi berganda, uji T(parsial), uji F (simultan), uji R2 (koefisien derterminan) , uji asumsi klasik dan uji MRA. Dengan hasil penelitian menunjukan bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA. Financing to Deposit Ratio (FDR) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ROA. Biaya Operasional pada Pendapatan Operasional (BOPO) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA. Pada pengujian moderasi, menunjukan bahwa variabel Non Perfoming Financing (NPF) mampu memoderasi Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Biaya Operasional pada Pendapatan Operasional (BOPO) terhadapa ROA, sedangkan Non Perfoming Financing (NPF) tidak mampu memoderasi Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap ROA.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas; ; Return On Asset (ROA); Bank syariah; Capital Adequacy Ratio (CAR); Financing to Deposit Ratio (FDR); Biaya Operasional pada Pendapatan Operasional (BOPO); Non Perfoming Financing (NPF)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 14 Dec 2021 11:35
Last Modified: 14 Dec 2021 11:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14692

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics