Strategi radio suara kota wali 104.8 fm dalam meningkatkan kualitas penyiaran

Zuhdi, Iwan (2021) Strategi radio suara kota wali 104.8 fm dalam meningkatkan kualitas penyiaran. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501026099_Iwan Zuhdi_Skripsi Lengkap] Text (1501026099_Iwan Zuhdi_Skripsi Lengkap)
1501026099_iwan zuhdi_Skripsi lengkap - Iwan Zuhdi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Radio sebagai media elektronika yang bersifat auditif dapat dinikmati oleh masyarakat, dimana media ini berperan dalam perkembangan komunikasi dan informasi. Keberhasilan dalam mutu siaran radio ditentukan oleh kualitas strategi penyiaran. Berbagai produk teknologi komunikasi dan informasi termasuk media radio memiliki ciri khas yaitu menjanjikan kecepatan, ketepatan, kepraktisan dan kualitas dalam mencari, mengumpulkan, menyeleksi, mengolah dan menyajikan informasi. Strategi program siaran dapat ditinjau dari aspek manajemen program siaran yang terdiri dari perencanaan program, produksi dan pembelian program, eksekusi program hingga pengawasan dan evaluasi program. Persaingan radio saat ini cukup kompetitif karena banyaknya stasiun radio baik baru atau lama di Demak yang sudah bagus dan baik dalam siaranya. Sehingga dalam hal ini peneliti tertarik untuk menjelaskannya dalam satu rumusan masalah yaitu :Bagaimana strategi radio Suara Kota Wali 104.8 FM dalam meningkatkan kualitas penyiaran.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan melakukan teknik pengumpulan data dokumentasi dan wawancara. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk mengatahui strategi radio Suara Kota Wali 104.8 FM dalam meningkatkan kualitas penyiaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi radio Suara Kota Wali 104.8 FM dalam meningkatkan kualitas penyiaran sudah baik mulai dari merencanakan program disesuaikan dengan segmentasinya, yaitu masyarakat lokal yang mendapatkan pengelolaan sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Demak sebagai radio publik lokal. Radio memproduksi acara harian dan mingguan. Semua materi program siaran di Radio Suara Kota Wali 104.8 FM diproduksi sendiri (In-House Production) yang diatur oleh koordinator program siaran yang telah disepakati oleh pemerintah daerah. Program dijalankan sesuai dengan perencanaan yang telah disepakati bersama antara pihak radio dengan Kantor Komunikasi dan Informasi serta dari pemerintah daerah Kabupaten Demak. Perencanaan tersebut dikerjakan oleh mereka yang terlibat dalam struktur organisasi Radio Suara Kota Wali 104.8 FM. Manajemen Radio Suara Kota Wali 104.8 FM melakukan evaluasi selama tiga bulan sekali, dengan selalu memantau target pendengar dengan memanfaatkan program andalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Kualitas; Penyiaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 28 Dec 2021 03:28
Last Modified: 28 Dec 2021 03:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14693

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics