Implementasi dan mekanisme akad MMQ(Musyarakah Mutanaqishah) di BRIS KC Semarang

Hanadi, Hanadi (2020) Implementasi dan mekanisme akad MMQ(Musyarakah Mutanaqishah) di BRIS KC Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TUGAS_AKHIR_1705015066_HANADI] Text (TUGAS_AKHIR_1705015066_HANADI)
TUGAS_AKHIR_1705015066_HANADI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya pembiayaan dengan akad MMQ (Musyarakah Mutanaqishah) di BRI Syariah KC Semarang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dan mekanisme yang diterapkan dalam pembiayaan dengan akad MMQ (Musyarakah Mutanaqhishah) di BRI Syariah KC Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini data-data yang digunakan bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data primer diperoleh melalui hasil observasi dan wawancara, sedangkan teknik pengumpulan data sekunder didapat dari arsip dokumen BRI Syariah KC Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa pembiayaan musyarakah.mutanaqishah adalah pembiayaan dengan prinsip musyarakah dimana porsi kepemilikan modal (hishshah) salah satu syarik (Bank) berkurang disebabkan pengalihan komersial secara bertahap kepada syarik lain (Nasabah) sampai dengan jangka waktu pembiayaan dengan tujuan untuk membiayai kebutuhan Nasabah meliputi modal kerja, investasi, pembelian asset, take over dan konsumtif lainnya. Pembiayaan MMQ ditujukan untuk memberikan fasilitas pembiayaan yang sesuai dengan prinsip syariah kepada calon nasabah yang membutuhkan fasilitas pembiayaan yang digunakan untuk kebutuhan produktif (modal kerja, investasi), pembelian asset, take over dan konsumtif lainnya. Selain itu tujuan pembiayaan ini adalah untuk mengembangkan pembiayaan mikro sehingga dapat mengakomodasikan berbagai kebutuhan calon nasabah. Selain itu mekanisme proses pemberian pembiayaan dengan skema MMQ dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu proses inisiasi, proses verifikasi dan analisa pembiayaan, proses persetujuan, penandatanganan dan pencairan pembiayaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Musyarakah Mutanaqishah; Mekanisme
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 14 Dec 2021 11:39
Last Modified: 14 Dec 2021 11:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14694

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics