Media dakwah IGTV dalam akun instagram @aagym

Husaeni, Muhammad Nashrul (2021) Media dakwah IGTV dalam akun instagram @aagym. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501026149_Muhammad Nashrul Husaeni_Skripsi Lengkap] Text (Skripsi_1501026149_Muhammad Nashrul Husaeni_Skripsi Lengkap)
1501026149 - M. NASHRUL. H - MEDIA DAKWAH IGTV DALAM AKUN INSTAGRAM @AAGYM - Official Nashrul Husaeni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Media Dakwah IGTV Dalam Akun @aagym”. IGTV memiliki kekuatan untuk penyebaran informasi yang digandrungi anak-anak muda. Penelitian dari Business Insider menunjukkan bahwa anak muda lebih banyak membuka Instagram sebesar 72%. Peluang itulah yang dimanfaatkan akun IGTV @aagym, menyebarkan pesan dakwah menggunakan fitur IGTV atau Instagram TV yang dikemas dengan kreatif sehingga menarik setiap kalangan hingga mendapatkan sejumlah 6,7 juta pengikut. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian terhadap akun IGTV @aagym dengan rumusan masalah “Bagaimana akun @aagym memanfaatkan IGTV sebagai media dakwah?”. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana cara pemanfaatan fitur IGTV yang diterapkan K.H. Abdullah Gymnastiar di media sosial dalam menyampaikan dakwah. K.H. Abdullah Gymnastiar adalah pendiri dan pengisi konten dakwah dalam akun @aagym. Kegunaannya untuk memberikan informasi kajian praktis dan teoritis tentang media dakwah kekinian termasuk cara menyampaikan pesan dakwah melalui fitur IGTV secara efektif.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan analisis menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Teknik analisis ini pada dasarnya terdiri dari tiga komponen: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan serta pengujian kesimpulan (drawing and verifying conclusions). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik deskripsi, wawancara secara virtual melalui Whatsapp Massangger, dengan sumber data berupa 5 tema video unggahan.
Hasil temuan dari penelitian ini menjelaskan bahwa @aagym menggunakan fitur IGTV untuk mengunggah video dengan berbagai jenis video diantaranya video poster, video cuplikan kajian, video safari dakwah, dan sebagainya sesuai dengan program. Penggunaan fitur IGTV dengan model tayangan video lebih dari 1 menit, IGTV tersebut menjadi pilihan media dakwah tetap pada akun @aagym. Dalam memanfaatkan IGTV sebagai media dakwah, akun @aagym juga melakukan strategi-strategi yaitu identifikasi masalah, analisis khalayak, menetapkan tujuan, mengembangkan pesan, merencanakan produksi media, pelaksanaan program, dan evaluasi. Hasil temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa akun @aagym sangat terorganisir dan penuh perencanaan dalam melakukan dakwah melalui IGTV agar mendapatkan mad’u sesuai target dakwahnya yaitu kepada anak-anak muda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: IGTV; Dakwah;@aagym
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 15 Dec 2021 01:20
Last Modified: 15 Dec 2021 01:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14698

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics