Analisis pendapat Yusuf Qardhawi tentang kemiskinan mustahik dan solusinya dalam perspektif dakwah bil hal

Hanifah, Zanik (2021) Analisis pendapat Yusuf Qardhawi tentang kemiskinan mustahik dan solusinya dalam perspektif dakwah bil hal. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1701036088_ZANIK_HANIFAH_Lengkap] Text (SKRIPSI_1701036088_ZANIK_HANIFAH_Lengkap)
SKRIPSI_1701036088_ZANIK_HANIFAH_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang membahas tentang pengentasan kemiskinan mustahik dalam perspektif dakwah bil hal menurut Yusuf Qardhawi. Penelitian ini merupakan studi pustaka yang menggunakan analisis deduktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengentasan kemiskinan mustahik dalam perspektif dakwah bil hal menurut Yusuf Qardhawi.
Hasil dari penelitian ini bahwa kemiskinan mustahik menurut Yusuf Qardhawi, yaitu orang yang punya tempat tinggal layak, memiliki penghasilan yang layak, akan tetapi dalam memenuhi kebutuhan pokok dan ekonomi keluarganya tidak tercukupi sepenuhnya. Begitu pula dalam menyikapi kemiskinan mustahik dari dulu hingga sekarang setiap umat manusia memiliki sikap dan pandangan yang berbeda-beda dalam menyikapinya. Menurut Yusuf Qardhawi Sikap Islam terhadap harta adalah bagian dari sikapnya terhadap kehidupan dunia. Dalam memandang dunia, Islam selalu bersikap tengah-tengah dan seimbang. Islam tidak condong kepada paham yang menolak dunia secara mutlak, yang menganggap dunia adalah sumber kejahatan yang harus dilenyapkan. Islam juga tidak condong kepada paham yang menjadikan dunia sebagai tujuan akhir, sesembahan, dan pujaan.
Pengentasan kemiskinan mustahik menurut Yusuf Qardhawi dalam perspektif dakwah bil dengan sarana bekerja, karena setiap umat muslim diharuskan bekerja dan berusaha untuk mencari rezeki di muka bumi dan di bawah langit, apapun pekerjaannya bertani, membuat kerajinan, berdagang, kerja kantor, menulis buku dan keahlian lainnya, supaya dapat mencukupi kebutuhan diri dan keluarganya tanpa harus dengan meminta-minta. Dengan demikian bekerja merupakan salah satu upaya dalam mengentaskan kemiskinan mustahik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengentasan kemiskinan; Mustahik; Yusuf Qardhawi; Dakwah bil hal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Haidar Ainul Hakim
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:33
Last Modified: 07 Jan 2022 02:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14707

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics