Strategi dakwah takmir dalam meningkatkan kegiatan keagamaan di Masjid Jami’ Nurul Islam Ngaliyan Semarang

Rozalia, Uun Ana (2021) Strategi dakwah takmir dalam meningkatkan kegiatan keagamaan di Masjid Jami’ Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1701036080_UUN_ANA_ROZALIA_Lengkap] Text (SKRIPSI_1701036080_UUN_ANA_ROZALIA_Lengkap)
SKRIPSI_1701036080_UUN_ANA_ROZALIA_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (847kB)

Abstract

Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dakwah takmir dalam meningkatkan kegiatan keagamaan di Masjid Jami’ Nurul Islam. Masjid Jami’ Nurul Islam merupakan masjid yang memiliki letak yang sangat strategis yaitu di samping jalan pantura Semarang-Kendal dan juga terdapat berbagai kegiatan keagamaan yang diikuti oleh banyak jamaah baik yang dari masyarakat sekitar maupun jamaah yang singgah.
Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah 1) Apa kegiatan keagamaan dan pelaksanaannya di Masjid Jami’ Nurul Islam Ngaliyan Semarang? 2) Bagaimana strategi takmir dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan keagamaan di Masjid Jami’ Nurul Islam Ngaliyan Semarang?
Penelitian skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dari hasil penelitian dikumpulkan dan dianalisis dengan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, tahap penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kegiatan keagamaan di Masjid Jami’ Nurul Islam yaitu pengajian ahad pagi Kota Semarang, peringatan nuzulul quran, pengajian menjelang berbuka, kultum ba’da tarawih, peringatan maulidur rasul, pengajian umum, pengajian selapanan, pengajian ahad awal, pengajian yasin tahlil, pengajian tafsir al-quran dan pengajian kajian fiqh. 2) Strategi dakwah yang dilakukan takmir dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan keagamaan di Masjid Jami’ Nurul Islam adalah pemilihan da’i yang sesuai dengan kriteria yaitu berwawasan ilmiah yang luas, kefasihan bacaan dan retorika serta kredibilitas da’i pemilihan materi yang tepat, menggunakan media sosial sebagai media dakwah dan memberikan bantuan sosial kepada jamaah dan masyarakat yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah; Kegiatan keagamaan; Masjid
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Haidar Ainul Hakim
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:34
Last Modified: 07 Jan 2022 02:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14708

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics