Nilai keimanan dalam novel “pudarnya pesona cleopatra” karya Habiburrahman El Shirazy

Rizky, Harum Widyana (2021) Nilai keimanan dalam novel “pudarnya pesona cleopatra” karya Habiburrahman El Shirazy. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601026046_Harum Widyana Rizky_Skripsi Lengkap] Text (1601026046_Harum Widyana Rizky_Skripsi Lengkap)
1601026046-Harum Widyana Rizky_BAB V - harum widyana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (115kB)

Abstract

Di era globalisasi seperti saat ini banyak kita jumpai seseorang yang lebih mementingkan kesenangan sesaat. Banyaknya remaja yang terjerumus dalam pergaulan bebas karena kurangnya keimanan pada dirinya. Seseorang yang memiliki keimanan yang kuat maka dia juga memiliki nilai akidah yang baik. Jika nilai keimanan seseorang baik, maka baik pula nilai akhlak, ibadah, dan muamalah seseorang. Persoalan iman nampaknya dipahami hanya pada ranah teologi (enam rukun iman) yakni iman kepada Allah, Rasul, malaikat, kita-kitab suci, hari akhir, serta iman kepada qadha’ dan qadar. Tetapi Al-Qur’an hadist-hadist menyatakan dengan tegas bahwa iman juga dikaitkan dengan amal saleh dan akhlak mulia.
Berdasarkan konteks tersebut maka muncul pertanyaan: Apa nilai keimanan yang ditunjukkan dalam novel “Pudarnya Pesona Cleopatra” karya Habiburrahman El Shirazy. Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini ialah untuk menemukan dan menjelaskan nilai keimanan yang terdapat pada novel “Pudarnya Pesona Cleopatra.” Penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan analisis isi (content analysis) sebagai metode penelitiannya, di mana penelitian ini tidak berfokus hanya pada komunikasi yang dapat dilihat, tetapi juga untuk menemukan makna tesembunyi di dalamnya. Novel berjudul “Pudarnya Pesona Cleopatra” merupakan sumber data yang digunakan pada penelitian ini. Hasil yang didapatkan dari dilaksanakannya penelitian ini ialah nilai keimanan pada novel “Pudarnya Pesona Cleopatra” meliputi sikap memohon ampunan, tawakal, sabar , ikhlas, bersyukur, keutamaan sifat ridha, dan menepati janji yang tercemin melalui sikap para tokoh dalam novel.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai; Keimanan; Novel
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 204 Religious experiences, life, practice
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 28 Dec 2021 07:52
Last Modified: 28 Dec 2021 07:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14715

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics