Pengaruh pengukuran skala Pakistan Service Quality (PakServ) dan pemberian reward/hadiah terhadap kepuasan mahasiswa dalam menabung di bank syariah dengan prinsip amanah bank sebagai variabel moderasi : studi kasus pada mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang

Islahiyyah, Nafkhotul (2021) Pengaruh pengukuran skala Pakistan Service Quality (PakServ) dan pemberian reward/hadiah terhadap kepuasan mahasiswa dalam menabung di bank syariah dengan prinsip amanah bank sebagai variabel moderasi : studi kasus pada mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705036112_Nafkhotul_Islahiyyah] Text (Skripsi_1705036112_Nafkhotul_Islahiyyah)
Skripsi_1705036112_Nafkhotul_Islahiyyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan, sebagai salah satu lembaga kepercayaan masayarakat yaitu perbankan harus mampu memberikan pelayan yang berkualitas untuk memberi kepuasan bagi nasabah sehingga nasabah tetap bertahan menggunakan jasa perbankan Syariah serta loyalitas terhadap bank syariah. Salah satu upaya yaitu dengan adanya pengukuran skala PAKSERV dan pemberian reward/hadiah kepada nasabah. Kualitas pelayanan hanya bisa menjadi alat untuk mengawal persaingan jika diukur dengan menggunakan alat yang tepat. Pada penelitian ini menggunakan skala PAKSERV untuk mengukur kualitas layanan, antara lain : keandalan (reliability), jaminan (assurance), ketulusan (sincerity), berwujud (tangibles), personalisasi, formalitas (formality).
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh pengukuran skala PAKSERV, pemberian reward/hadiah terhadap kepuasan mahasiswa dalam menabung di bank Syariah dengan prinsip amanah sebagai variabel moderasi. Objek penelitian ini adalah mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Mengumpulkan data dengan cara menyebarkan kuesioner. Model regresi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model regresi linier berganda dengan program SPSS versi 16. Metode sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Jumlah responden yang di jadikan sampel yaitu sebanyak 96 sampel responden mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang yang menggunakan jasa perbankan Syariah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel skala PAKSERV dan variabel pemberian reward/hadiah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dalam menabung. Dan variabel prinsip amanah bank tidak dapat memoderasi variabel PAKSERV kualitas layanan dan pemberian reward/hadiah terhadap kepuasan mahasiswa dalam menabung di bank Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Nasabah; Mahasiswa; Menabung; Bank syariah; Prinsip amanah bank; Skala Pakistan Service Quality (PakServ); Pemberian reward; Hadiah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 15 Dec 2021 10:10
Last Modified: 15 Dec 2021 10:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14717

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics