Manajemen Masjid Agung Kendal (studi tentang idarah keuangan masjid)

Bahraini, Rasyida (2021) Manajemen Masjid Agung Kendal (studi tentang idarah keuangan masjid). Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1701036079_RASYIDA_BAHRAINI_Lengkap] Text (SKRIPSI_1701036079_RASYIDA_BAHRAINI_Lengkap)
SKRIPSI_1701036079_RASYIDA_BAHRAINI_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

“Manajemen Masjid Agung Kendal (Studi tentang Idarah Keuangan Masjid)”. Mengingat fungsi masjid yang sangat strategis, maka penampilan dan pengelolaan masjid perlu dibina dengan baik agar dapat memberikan manfaat bagi sumber daya disekelilingnya, baik dari segi fisik bangunan maupun segi kegiatan pemakmurannya. Manajemen masjid merupakan keterampilan pengelolaan yang dapat membantu takmir masjid untuk mencapai tujuan dengan menggunakan potensi masjid secara efektif dan produktif. Salah satu hal yang terpenting dalam manajemen masjid adalah pengelolaan keuangan yang baik. Dimana keuangan masjid berpengaruh terhadap keberhasilan program-program masjid. Dalam penelitian ini penulis memfokuskan pada dua rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana penyusunan anggaran pendapatan dan belanja Masjid Agung Kendal? (2) Bagaimana evaluasi administrasi keuangan Masjid Agung Kendal?.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui dan menganalisis penyusunan anggaran pendapatan dan belanja Masjid Agung Kendal. (2) Mengetahui dan menganalisis evaluasi administrasi keuangan Masjid Agung Kendal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik induktif yaitu penggalian data-data dilapangan kemudian dilakukan reduksi data dan pemaparan data kemudian ditarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan dan analisis data yang penulis lakukan menunjukkan bahwa: (1) Penyusunan anggaran pendapatan dan belanja Masjid Agung Kendal dilakukan pada saat rapat kerja tahunan pengurus dengan menentukan adanya pos pemasukan dan pengeluaran keuangan masjid. Adapun pos pemasukan keuangan Masjid Agung Kendal meliputi: infak kotak amal jum’at, infak kotak amal Idul Fitri dan Idul Adha, hasil usaha sewa kios-kios, hasil kotak infak toilet dan parkir, hasil kotak infak makam dan mobil ambulance, dan hasil lelang sawah wakaf banda masjid. Sedangkan pos pengeluaran keuangan Masjid Agung Kendal meliputi: belanja pegawai, dana sosial, belanja jasa dan barang, belanja administrasi, bayar pajak tabungan di BRI, tiap-tiap bidang (idarah, imarah, dan riayah). Pengurus Masjid Agung Kendal dalam menentukan besaran anggaran dalam rencana anggaran pendapatan dan belanja masjid yakni dengan (a) melakukan perbandingan anggaran dengan tahun sebelumnya; (b) memperhitungkan beberapa faktor kendala; (c) memperhitungan harga; (d) memperhitungkan kebutuhan. (2) Evaluasi administrasi keuangan Masjid Agung Kendal oleh Dewan Pengawas dilakukan dengan pertama, mengecek dan menanyakan peruntukan dari berbagai aset-aset, inventaris, dan kekayaan Masjid Agung Kendal. Kedua, mengecek dibuku kas keuangan Masjid Agung Kendal apakah penggunaan dana sudah benar ataukah belum sesuai dengan pemasukan dan pengeluaran beserta bukti-bukti pendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen keuangan masjid
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Haidar Ainul Hakim
Date Deposited: 16 Dec 2021 04:48
Last Modified: 16 Dec 2021 04:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14718

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics