Analisis framing pemberitaan inspeksi mendadak presiden Jokowi terkait kelangkaan obat Covid-19 di Media Islam dan Media Umum: studi komparatif pada media online Republika.co.id dan detikcom edisi 23-25 Juli 2021

Zain, Nurlita Amril (2021) Analisis framing pemberitaan inspeksi mendadak presiden Jokowi terkait kelangkaan obat Covid-19 di Media Islam dan Media Umum: studi komparatif pada media online Republika.co.id dan detikcom edisi 23-25 Juli 2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701026071_NURLITA_AMRIL_ZAIN] Text (SKRIPSI_1701026071_NURLITA_AMRIL_ZAIN)
1701026071-Nurlita Amril Zain_Full Skripsi - Nurlitaamril Zain.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Informasi merupakan hal penting yang menjadi bagian hak manusia. Kebutuhan akan informasi yang akurat menjadi meningkat saat pandemi. Dibutuhkan kebijaksanaan dan sikap kritis bagi pembaca dalam menyikapi berbagai pemberitaan yang beredar, karena setiap media memberitakannya secara berbeda-beda.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana framing yang dilakukan media Islam dan media umum, berdasarkan studi kasus pada media online Republika Online dan Detikcom, dalam membingkai pemberitaan sidak Presiden Jokowi terkait kelangkaan obat Covid-19 selama tanggal 23-25 Juli 2021. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Analisis yang digunakan adalah analisis framing model Robert N. Entman dengan unit analisis berjumlah 11 berita. Untuk mengetahui frame yang ditampilkan, digunakan perangkat framing Robert N. Entman yang meliputi: 1) Define problem, 2) Diagnose causes, 3) Make moral judgement, dan 4) Treatment recommendation.
Hasil penelitian menunjukkan ROL membingkai sidak atau blusukan sebagai citra positif yang melekat pada sosok Jokowi, sedangkan sebagai media Islam ROL telah menerapkan prinsip jurnalisme profetik. Adapun penyelesaian yang ditawarkan diarahkan pada penyelesaian secara mandiri. Sementara itu Detikcom membingkai sidak sebagai respon terhadap masalah penting yang harus ditangani segera dimana penyelesaiannya diarahkan secara mandiri dan hukum. Detikcom lebih berimbang dalam pemberitaannya sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik pasal 1. Sosok Presiden Jokowi juga dinilai positif dengan porsi yang lebih sedikit dibandingkan ROL.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis framing; Pemberitaan; Sidak Presiden Jokowi; Media Islam; Media Umum
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 16 Dec 2021 04:45
Last Modified: 16 Dec 2021 04:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14719

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics