Komunikasi verbal dan nonverbal dalam pembinaan keagamaan anak tunarungu di Pondok Pesantren Abata Manding Temanggung

Dwiyanti, Peni (2021) Komunikasi verbal dan nonverbal dalam pembinaan keagamaan anak tunarungu di Pondok Pesantren Abata Manding Temanggung. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701026069_PENI_DWIYANTI] Text (SKRIPSI_1701026069_PENI_DWIYANTI)
1701026069_PENI DWIYANTI_Lengkap Tugas Akhir-dikonversi - 81- Peni Dwiyanti(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pembinaan keagamaan terhadap anak difabel tunarungu membutuhkan cara dan teknik komunikasi khusus untuk menciptakan pemahaman yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan anak. Cara dan teknis komunikasi khusus dalam menyampaikan pesan keagamaan dipraktekkan oleh pengasuh Pondok Pesantren Abata Manding Temanggung melalui komunikasi verbal dan non verbal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses komunikasi yang ditempuh oleh pengasuh dalam mentransmisikan pesan-pesan keagamaan meluai dua bentuk, verbal dan nonverbal. Hal ini didasarkan pada argumentasi bahwa anak-anak difabel tunarangu membutuhkan cara dan teknik khusus untuk bisa menerima pesan-pesan keagamaan untuk mendapatkan pemahaman yang sesuai dengan tujuan pembinaan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan linguistik. Data diperoleh dari sumber primer dan sekunder. Data primer berupa data penelitian secara langsung melalui sasaran penelitian maupun partisipan, sedangkan data sekunder berwujud data yang berhubungan dengan penelitian hingga lembaga yang diteliti maupun buku-buku referensi dari perpustakaan bahkan internet dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi terhadap instansi yang bersakutan yaitu Pondok Pesantren Abata dan wawancara kepada pembimbing, pengasuh dan kepala yayasan pesantren serta teknik dokumentasi yang diperoleh dari hasil foto dan video ketika melakukan penelitian. Selanjutnya, teknik analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Studi ini menemukan teknik komunikasi verbal dan nonverbal dengan menggunakan metode fonetik dalam pembinaan keagamaan kepada anak tunarungu. Proses komunikasi verbal yang dilakukan oleh pengasuh yaitu dengan memberikan pengenalan dan penyusunan huruf serta menyinkronkan antara pergerakan mulut, sumber suara, artikulasi suara, dan produksi suara, pengaplikasian metode fonetik dalam pembinaan keagamaan, memahamkan anak terhadap materi pembinaan keagamaan, melakukan murajaah terhadap materi pembinaan keagamaan dan untuk proses komunikasi nonverbal yang dilakukan pengasuh di pesantren Abata Manding Temanggung ini adalah dengan pengaplikasian metode Fonetik dalam pembinaan keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi verbal dan nonverbal; Pembinaan keagamaan; Anak tunarungu
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 15 Dec 2021 11:37
Last Modified: 15 Dec 2021 11:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14720

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics