Potensi program acara wisata religi radio Rasika USA untuk meningkatkan kohesivitas sosial pendengar

Hidayah, Mila Rosa (2021) Potensi program acara wisata religi radio Rasika USA untuk meningkatkan kohesivitas sosial pendengar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701026049_MILA_ROSA_HIDAYAH] Text (SKRIPSI_1701026049_MILA_ROSA_HIDAYAH)
FULL NASKAH SKRIPSI MILA ROSA HIDAYAH 1701026049 - Mila Rosa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Mila Rosa Hidayah, NIM 1701026049 dengan skripsi berjudul “Potensi Program Acara Wisata Religi Radio Rasika USA Untuk Meningkatkan Kohesivitas Sosial Pendengar”. Radio merupakan media yang bersifat auditif. Saat ini radio tidak hanya mengedepankan sisi musikalitas saja dalam programnya. Hal tersebut terlihat pada program radio saat ini yang tidak hanya menyajikan siaran musik namun berbagai informasi,edukasi dan hiburan ada dalam radio. Salah satu faktor keberhasilan sebuah radio ditentukan dari program acaranya. Apabila program tersebut unik dan menarik, pendengar akan terus setia mendengarkan radio tersebut.
Tujuan dari penelitian ini yaitu guna mengetahui bagaimana potensi program acara radio Rasika USA untuk meningkatkan kohesivitas sosial pendengar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Data primer penelitian ini bersumber dari hasil wawancara dengan responden (peserta ziarah) sedangkan data sekunder berupa data diperoleh dari pengelola radio Rasika USA dan literatur buku.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat potensi, khususnya pada program acara Wisata Religi. Potensi tersebut dapat meningkatkan kohesivitas sosial antar pendengar. Dimana antar pendengar radio Rasika USA dapat saling berinteraksi, bertukar pikiran, saling membantu bahkan saling bersilaturahmi mengunjungi rumah antara satu dengan yang lainnya. Hal tersebut juga meningkatkan kesolidan, keakraban dan keharmonisan antar pendengar

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Potensi; Radio; Program acara; Kohesivitas sosial
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 16 Dec 2021 04:36
Last Modified: 16 Dec 2021 04:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14724

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics