Strategi dakwah dalam meluruskan tradisi pewayangan di atas tanah makam (studi kasus pada acara sedekah bumi di Desa Sidomukti Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro)

S, Afridha Faizatul Laily (2021) Strategi dakwah dalam meluruskan tradisi pewayangan di atas tanah makam (studi kasus pada acara sedekah bumi di Desa Sidomukti Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro). Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1701036069_AFRIDHA_FAIZATUL_LAILY_S_Lengkap] Text (SKRIPSI_1701036069_AFRIDHA_FAIZATUL_LAILY_S_Lengkap)
SKRIPSI_1701036069_AFRIDHA_FAIZATUL_LAILY_S_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian karya Afridha Faizatul Laily S (1701036069) dengan judul Strategi Dakwah Dalam Meluruskan Tradisi Pewayangan Di Atas Tanah Makam Studi Kasus Pada Acara Sedekah Bumi Di Desa Sidomukti Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro.
Penelitian ini membahas tentang bagaimana startegi dakwah di desa Sidomukti kecamatan Kasiman kabupaten Bojonegoro dalam meluruskan tradisi pewayangan pada acara sedekah bumi. Kajian ini dilatarbelakangi adanya tradisi pewayangan di atas tanah makam dalam acara sedekah bumi, tradisi sedekah bumi ini dilakukan masyarakat karena kepercayaan magis yang sangat kental dan melekat. Sedekah bumi adalah simbol atau ucapan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah menciptakan bumi sebagai tempat tinggal, tempat beribadah kepada Allah dan sebagai ladang tempat mecari rezeki, serta memberi nikmat tak terhingga lainnya waktu pelaksanaannya diadakan setiap tahun sekali dan sudah menjadi tradisi, masyarakat di desa Sidomukti percaya bahwa apabila mereka tidak melakukan sedekah bumi dan menghadirkan pagelaran pewayangan di atas tanah makam maka akan terkena musibah, seperti panen yang berkurang atau bahkan gagal panen. Sehingga wajib bagi masyarakat selalu melaksanakan tradisi sedekah bumi. Perlunya da’i di desa Sidomukti untuk memberikan pengetahuan tentang ajaran Islam yang lebih mendalam karena di desa ini hanya ada beberapa da’i atau yang orang Jawa sebut dengan kiyai ditambah dengan minimnya tempat pendidikan seperti sekolah dan TPQ.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dakwah yang tepat di desa Kasiman kecamatan Sidomukti kabupaten Bojonegoro dalam melakukan tradisi sedekah bumi. Untuk melakukan penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur kuantifikasi, perhitungan statistik, atau bentuk cara-cara lainnya yang menggunakan ukuran angka tetapi penelitian ini berprinsip untuk memahami obyek yang diteliti secara mendalam.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa strategi dakwah yang dilakukan di desa Sidomukti adalah strategi sentimentil, rasional dan indrawi namun masih minim dilakukan dimana da’i atau kiyai hanya memberikan ceramah pada hari-hari tertentu saja seperti pada bulan ramadhan, isro’ miroj dan hari besar lainnya, dan untuk strategi dakwah yang berfokus dalam meluruskan tradisi pewayangan di atas tanah makam masih belum ada, karena semua elemen masyarakat ikut serta terlibat dalam acara tersebut jadi dapat dikatakan strategi dakwah yang dilakukan di desa Sidomukti kecamatan Kasiman kabupaten Bojonegoro belum berhasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sedekah bumi; Strategi dakwah; Tradisi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Haidar Ainul Hakim
Date Deposited: 15 Dec 2021 11:31
Last Modified: 15 Dec 2021 11:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14727

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics