Nilai-nilai profetik dalam rubrik filantropi di Rebublika Online

Siti, Rohmah (2021) Nilai-nilai profetik dalam rubrik filantropi di Rebublika Online. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701026016_SITI_ROHMAH] Text (SKRIPSI_1701026016_SITI_ROHMAH)
1701026016_Siti Rohmah_Tugas Akhir - Siti Rohmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Problem sosial masyarakat yang terus berkembang saat ini seperti kemiskinan, kebodohan, narkoba, pelecehan seksual dan lain-lain menjadi perhatian bersama semua pihak. Di kota-kota besar keberadaan para pengemis, gelandangan, pengamen dan anak jalanan sangat mudah ditemui. Hal ini memberikan cermin bahwa kehidupan fakir miskin terus bertambah setiap harinya. Begitupun terjadinya bencana alam (banjir, gempa, tsunami, tanah longsor, kebakaran) yang akhir-akhir ini kerap menimpa masyarakat Indonesia menimbulkan duka yang mendalam. Akibat bencana tersebut, membuat masyarakat kehilangan harta benda bahkan nyawa. Hal ini tentunya menimbulkan keprihatinan bersama dan muncul semangat untuk meringankan beban para korban bencana alam tersebut.
Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada September 2020, terdapat 26.42 juta penduduk Indonesia tercatat masuk kategori miskin. Presentase penduduk miskin di Indonesia pada Maret 2020 sebesar 9,78% meningkat 0,56% poin terhadap September 2019 dan meningkat 0,37% poin terhadap Maret 2019. Presentase penduduk miskin di daerah perkotaan pada September 2020 sebesar 6.56% naik menjadi 7.38% pada Maret 2021. Sementara presentase penduduk miskin di daerah perdesaan pada September 2020 sebesar 12.60% naik menjadi 12,82% pada Maret 2021.
Media merupakan sebuah sarana yang efektif dan efesien dalam menyampaikan informasi maupun pengetahuan terhadap khalayak publik. Oleh karena itu informasi yang disampaikan melalui media memberikan pengaruh besar pada khalayak yang memanfaatkan media dalam mencari informasi. Republika Online (ROL) merupakan situs berita atau media online pertama yang ada di Indonesia, serta memiliki konten yang cenderung menarasikan tentang Islam sehingga ROL hingga kini juga di kenal sebagai media Islam. ROL juga memiliki sosial media populer seperti twitter dan facebook, sehingga informasinya mudah diakses para pembacanya. Selain itu, ROL memiliki rubrik filantropi yang berisi berita tentang upaya seseorang atau kelompok dalam meringankan beban orang lain. Dari latar belakang tersebut, penelitian kemudian merumuskan permasalahan yaitu apa saja nilai-nilai profetik dalam rubrik filantropi di Republika Online?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi (content analisis) yang bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai profetik yang ada di rubrik filantropi di Republika Online. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dokumentasi melalui tahap penentuan unit analisis, pengambilan sampel, dan analisisnya.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat nilai-nilai profetik yang terkandung dalam pemberitaan di rubrik filantropi Republika Online yaitu: nilai humanisasi (amar ma’ruf), liberasi (nahi munkar) dan transendensi (tu’minu billah).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai profetik; Rubrik filantropi; Republika online
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 15 Dec 2021 11:28
Last Modified: 15 Dec 2021 11:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14729

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics