Penyampaian pesan akidah dalam novel Asiyah Sang Mawar Gurun Fir’aun “Nil’in Melikesi Hazreti Asiye” karya Sibel Eraslan

Diyannah, Finna Lanah (2021) Penyampaian pesan akidah dalam novel Asiyah Sang Mawar Gurun Fir’aun “Nil’in Melikesi Hazreti Asiye” karya Sibel Eraslan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601026122_FINNA_LANAH_DIYANNA] Text (SKRIPSI_1601026122_FINNA_LANAH_DIYANNA)
1601026122_Finna Lanah Diyanna_Tugas Akhir - finna lanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Novel yang berjudul Asiyah Sang Mawar Gurun Fir’aun “Nil’in Melikesi Hazreti Asiye” Karya Sibel Eraslan menceritakan seorang perempuan mulia yang memegang teguh akidah. Asiyah seorang Ratu Mesir yang menanamkan dengan kuat di dalam hatinya ajaran Allah SWT. Pengarang menggambarkan sejarah kisah Raja Fir’aun dan Ratu Asiyah ke dalam bentuk cerita Novel agar pesan akidah mudah untuk dipahami oleh pembaca.
Sebagian pembaca ada yang masih kesulitan dalam menguraikan apa maksud pesan yang ingin disampaikan penulis ke pembaca. Novel tersebut merupakan terjemahan dari bahasa Turki yang alih bahasa ke dalam bahasa Indonesia. Oleh sebab itu, masih terdapat kalimat yang susah untuk dipahami bagi pembaca awam.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penyampaian pesan akidah yang terdapat dalam novel Asiyah Sang Mawar Gurun Fir’aun “Nil’in Melikesi Hazreti Asiye”. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan menggunakan pendekatan analisis isi. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dokumentasi yang berdasarkan pada sumber primer.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pesan akidah meliputi empat aspek, yaitu iman kepada Allah SWT, iman kepada malaikat, iman kepada nabi dan rasul, serta iman kepada qada dan qadar. Bentuk penyampaian pesan akidah dalam novel ini memiliki dua spesifikasi yaitu penyampaian pesan akidah secara langsung dan penyampaian secara tidak langsung. Penyampaian pesan secara langsung yaitu pengarang mendeskripsikan pesan melalui dialog antar tokoh. Sedangkan penyampaian secara tidak langsung memiliki bentuk penyampaian pesan melalui peristiwa dan konflik dalam cerita. Bentuk penyampaian pesan akidah yang dominan yang terdapat dalam novel Asiyah Sang Mawar Gurun Fir’aun “Nil’in Melikesi Hazreti Asiye” adalah bentuk penyampaian secara langsung yaitu bentuk penyampaian pesan melalui tokoh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penyampaian pesan; Akidah; Novel; Asiyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 15 Dec 2021 11:39
Last Modified: 15 Dec 2021 11:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14734

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics