Analisis strategi pemasaran pada usaha kecil kerupuk rambak Dwi Djaya Kabupaten Kendal dalam perspektif riyadhoh usaha

Sabila, Neili (2021) Analisis strategi pemasaran pada usaha kecil kerupuk rambak Dwi Djaya Kabupaten Kendal dalam perspektif riyadhoh usaha. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705026146_Neili_Sabila] Text (SKRIPSI_1705026146_Neili_Sabila)
1705026146_Neili Sabila_Tugas Akhir - Neili Sabila.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pada era globalisasi saat ini perkembangan bisnis selalu meningkat dan
tidak dipungkiri persaingan akan selalu terjadi dan tidak dapat dihindari oleh
pelaku bisnis. Persaingan dengan produksi homogen atau sejenis mengakibatkan
pelaku usaha kecil Kerupuk Rambak Dwi Djaya dihadapkan dengan berbagai
halangan dan ancaman. Strategi pemasaran merupakan sebagai upaya guna
menghadapi persaingan bisnis dengan produksi homogen atau sejenis dalam
meningkatkan penjualan, mempertahankan kelangsungan bisnis dan mencapai
keberhasilan. Strategi pemasaran yang diterapkan usaha kecil Kerupuk Rambak
Dwi Djaya dengan menerapkan bauran pemasaran (marketing mix) dengan
berbagai indikator meliputi produk (product), harga (price), distribusi
(distribution), dan promosi (promotion). Usaha kecil Kerupuk Rambak Dwi Djaya
tidak hanya lebih fokus pada strategi-strategi pemasaran secara umum, tetapi juga
mengutamakan aspek akhirat melalui riyadhoh usaha. Maka rumusan masalah dari
skripsi ini adalah “bagaimana strategi pemasaran marketing mix di usaha kecil
Kerupuk Rambak Dwi Djaya Kendal?” dan “bagaimana analisis riyadhoh usaha
terhadap strategi pemasaran marketing mix di usaha kecil Kerupuk Rambak Dwi
Djaya Kendal?”, maka tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana
strategi pemasaran yang diterapkan usaha kecil Kerupuk Rambak Dwi Djaya dan
untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan usaha kecil
Kerupuk Rambak Dwi Djaya yang kemudian dikaitkan dengan riyadhoh usaha di
usaha kecil Kerupuk Rambak Dwi Djaya.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field reseach),
untuk memperoleh bersumber dari data primer dan data sekunder. Metode
perolehan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Perolehan data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan
pendekatan deskriptif. Pendekatan deskriptif dipergunakan dalam menganalisis
data melalui cara mendeskripsikan data yang sudah terkumpul sesuai keadaanya.
Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, usaha kecil
Kerupuk Rambak Dwi Djaya tidak hanya lebih terfokus pada strategi pemasaran
(marketing mix) secara umum, namun mengutamakan aspek akhirat dengan
menerapkan riyadhoh didalam aktivitas bisnisnya yang terdiri tiga indikator yaitu
takhalliyat an-Nafs, tahalliyat al-Nafs, dan tajalliyat al-Nafs. Dalam usaha ini
tidak hanya mengutamakan keuntungan materi saja namun keuntungan immaterial
yaitu keuntungan dan kebahagiaan ukhrawi. Bisnis tidak semata-mata bertujuan
memperoleh profit saja tetapi mengutamakan akhirat dengan peduli dan
bermanfaat bagi orang lain melalui kegiatan membeli kulit sapi dan kulit kerbau
lebih mahal dari harga pada umumnya dengan tujuan untuk membantu orang lain,
memberikan pengetahuan dan wawasan untuk berbisnis kepada tiap tenaga kerja
guna sebagai bekal dimasa depan, memberikan secara gratis produk kerupuk
rambak kulit kerbau dan kulit sapi pada event hari kemerdekaan dan menyambut
bulan suci ramadhan, ketika mengalami penjualan menurun menyikapinya dengan
sabar, ikhlas, berhusnudzon kepada Allah SWT, mendekatkan diri dengan Allah
SWT melalui doa, dzikir, shalat fardhu, shalat sunnah. Serta merasa bersyukur dan ix
cukup berapapun yang diperoleh dan memperhatikan kepentingan orang lain
dalam bentuk zakat, infaq, dan sedekah. Sehingga penerapan riyadhoh usaha
dalam strategi pemasaran sangatlah diperlukan agar usaha atau bisnis yang dirintis
tidak terjerumus pada perbuatan yang melanggar ajaran dalam Islam dan
tercapainya kesejahteraan dunia dan akhirat. Berbisnis tidak hanya mencari
keuntungan materi saja tetapi keuntungan immaterial yaitu keuntungan dan
kebahagiaan ukhrawi. Dalam usaha kecil Kerupuk Rambak Dwi Djaya
tercapainya aspek akhirat karena memperoleh pahala atas komitmennya untuk
menjalankan bisnis sesuai dengan syariah. Dengan berpegang teguh pada takwa
yang selalu mengingat Allah SWT dalam aktivitas bisnisnya dan menghindari
sifat buruk dalam bisnis seperti (berbohong, menipu, dan curang), kebaikan
dengan peduli dan bermanfaat terhadap orang lain, ramah, dan amanah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran; Riyadhoh Usaha; Usaha Kecil
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 28 Dec 2021 08:21
Last Modified: 28 Dec 2021 08:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14739

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics