Pengelolaan dan distribusi wakaf produktif ditinjau dari Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf: studi kasus tanah wakaf Bondo Masjid Agung Kendal

Ma'arif, Nur (2021) Pengelolaan dan distribusi wakaf produktif ditinjau dari Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf: studi kasus tanah wakaf Bondo Masjid Agung Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_ 1702016162_NUR_MA'ARIF] Text (SKRIPSI_ 1702016162_NUR_MA'ARIF)
1702016162_Nur Ma_arif_Full Skripsi - Arif ma_arif.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Konsep wakaf telah dipraktekkan oleh umat Islam sejak zaman Rasulullah hingga sekarang. Meskipun demikian, terjadi perbedaan pendapat diantara ulama fiqih. Namun, pada dasarnya mereka sepakat dalam pemanfaatan untuk kebaikan. Di Indonesia telah disahkan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang wakaf. Dalam Undang-Undang ini lebih mengutamakan pada produktifitas pemanfatan harta benda wakaf. Masjid Agung Kendal adalah salah satu masjid besar peninggalan ulama’ terdahulu yang mempunyai banyak aset tanah wakaf yang jumlahnya cukup banyak. Adapun selama dikelola oleh Yayasan Masjid Agung Kendal, yayasan ini sudah lama mengelola harta benda wakafnya secara produktif Namun, sejauh ini belum pernah diadakan penelitian mengenai perpektif Undang-undang Nomor 41 Tahun 2004 mengenai pelaksanaan pengelolaan dan pendistribusian hasil wakaf di yayasan tersebut.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimana pengelolaan aset wakaf Bondo Masjid Agung Kendal Ditinjau dari UU.No.41 Tahun 2004? (2). Bagaimana pendistribusian hasil pengelolaan aset wakaf Bondo Masjid Agung Kendal Ditinjau dari UU.No.41 Tahun 2004? Tujuan penelitian skripsi ini yaitu untuk mengetahui kesesuaian undang undang nomor 41 tahun 2004 tentang wakaf pada pelaksanaan pengelolaan dan pendistribusian hasil wakaf produktif.
Jenis penelitian hukum yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian hukum normatif empiris atau sosiologi hukum, yakni penelitian dengan pendekatan yang melihat suatu kenyataan hukum di masyarakat serta aspek-aspek hukum dalam interaksi sosial di dalam masyarakat, dengan sumber data dari pihak Yayasan Masjid Agung Kendal. Data di peroleh dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis data dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa pengelolaan wakaf produktif pada aset wakaf bondo Masjid Agung Kendal di kelola langsung oleh Yayasan Masjid Agung Kendal (YMAK). Pengelolaan wakaf produktif dengan memproduktifkan sumber atau aset yang ada dengan cara menyewakan. Sumber atau aset wakaf dikelola cukup produktif, dari hasil pengelolaan wakaf dimanfaatkan untuk men-support kebutuhan internal yayasan khususnya keta’miran, untuk sarana ibadah, menambah inventaris berupa pembelian tanah baru dan kegaiatan sosial kemasyarakatan. Pengelolaan wakaf produktif pada aset bondo wakaf Masjid Agung Kendal cukup sesuai memenuhi segala ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004. Akan tetapi ada beberapa yang masih belum sesuai undang-undang nomor 41 tahun 2004.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wakaf produktif; Pengelolaan; Pendistribusian
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Dec 2021 01:17
Last Modified: 18 Dec 2021 01:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14740

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics