Pengaruh strategi pemasaran, kepercayaan, dan teknologi informasi terhadap keputusan nasabah menggunakan aplikasi Pegadaian Syariah Digital (PSD) pada Pegadaian Syariah Kota Semarang

Karimah, Ana Nur (2021) Pengaruh strategi pemasaran, kepercayaan, dan teknologi informasi terhadap keputusan nasabah menggunakan aplikasi Pegadaian Syariah Digital (PSD) pada Pegadaian Syariah Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705026162_Ana_Nur_Karimah] Text (SKRIPSI_1705026162_Ana_Nur_Karimah)
1705026162_ANA NUR KARIMAH_FULL SKRIPSI - Ananur Karimah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi pemasaran, kepercayaan, dan teknologi informasi terhadap keputusan nasabah menggunakan aplikasi pegadaian syariah digital (PSD) di Kota Semarang. Pada penelitian kali ini menggunakan data primer sebagai data utama yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. populasi yang digunakan adalah nasabah pegadaian syariah yang berada di Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria nasabah pegadaian syariah aktif di kota Semarang dan memiliki user aplikasi pegadaian syariah digital (PSD). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier bergada dan uji koefisien determinasi. Uji statistik yang terdiri dari uji t dan uji F.
Berdasarkan hasil pengujian di atas pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa strategi pemasaran dan kepercayaan berpengaruh positif terhadap keputusan nasabah menggunakan aplikasi pegadaian syariah digital, dibuktikan dengan hasil uji t signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Sedangkan pada variabel teknologi informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan aplikasi pegadaian syariah digital, dibuktikan dengan uji t hasil signifikansi sebesar 0,059>0,05. Pada uji simultan variabel strategi pemasaran, kepercayaan,teknologi informasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan sebesar 0,00 < 0,05. Dalam pengujian koefisien determinasi mendapatkan hasil sebesar 0,694. Artinya strategi pemsaran,kepercayaan dan teknologi informasi berpengaruh tehadap keputusan nasabah menggunakan aplikasi pegadaian syariah digital sebesar 69,4%, sedangkan 30,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Kepercayaan; Teknologi informasi; Keputusan penggunaan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management (Financial, Budgeting)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 18 Dec 2021 07:52
Last Modified: 18 Dec 2021 07:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14741

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics