Mekanisme penghimpunan dana dalam produk si SUQUR (Simpanan Qurban) di BMT Berkah Mitra Hasanah Genuk Semarang

Sahal, Rohmad (2020) Mekanisme penghimpunan dana dalam produk si SUQUR (Simpanan Qurban) di BMT Berkah Mitra Hasanah Genuk Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TUGAS_AKHIR_1705015071_ROHMAD_SAHAL] Text (TUGAS_AKHIR_1705015071_ROHMAD_SAHAL)
TUGAS_AKHIR_1705015071_ROHMAD_SAHAL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

BMT merupakan lembaga keuangan syariah dimana perkembanganya sedah menyeluruh di indonesia dan sudah dikembangkan sampai kepelosok indonesia. Hal ini membuktikan bahwa lembaga keuangan mikro sudah kejayaan danbisa bersaing dengan kembaga keuangan lainnya. BMT MITRA HASANAH Genuk Semarang merupakan jenis koperasi simpan pinjam yang bertujuan untuk menghimpun dana dari masyarakat dan menyakurkanya kembali kepada masyarakat yang membutuhkan. Salah satu dari menghimpun dana dari masyarakat yaitu produk SI SUQUR (Simpanan Qurban).
SI SUQUR (Simpanan Qurban) yaitu simpana dengan akad mudharabah muthlaqah dimana si penyimpan tidak bisa mengambil uangnya sebelum waktunya, simpanan ini bertujuan untuk mambantu masyarakat yang ingin merencanakan qurban. Ibadah qurban merupakan ibadah wajib bagi yang mampu melaksanakannya namun dengan adanya tabungan ini masyarakat yang belum mampu secara keseluruhan tapi ingin menjalankan ibadah qurban maka tabungan ini bisa menjadi solusi.
Metode yang digunakan dalam penulisan yaitu metode kualitatif, metode dengan cara mengumpulkan data bisa dengan melalui wawancara langsung dengan pihak staff di BMT MITRA HASANAH Genuk Semarang dan bisa kepada anggota BMT, serta observasi langsung terhadap objek tertentu yang menjadi fokus penelitian dan mencatat semua yang berhubungan dengan simpanan qurban yang ada di BMT MITRA HASANAH Genuk Semarang serta dokumen yang berhubungan langsung dengan peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penghimpunan dana; BMT; Simpanan qurban; Lembaga keuangan syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 16 Dec 2021 09:08
Last Modified: 31 Oct 2022 09:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14744

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics