Strategi pemasaran dalam meningkatkan keunggulan kompetitif pada produk deposito mudharabah di PT. BPRS Bina Finansia Semarang

Franciana, Ike (2020) Strategi pemasaran dalam meningkatkan keunggulan kompetitif pada produk deposito mudharabah di PT. BPRS Bina Finansia Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TUGAS_AKHIR_1705015075_IKE_FRANCIANA] Text (TUGAS_AKHIR_1705015075_IKE_FRANCIANA)
TUGAS_AKHIR_1705015075_IKE_FRANCIANA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dunia keuangan mengalami perkembangan khususnya perbankan pada era 2000an mulai bangkit dari keterpurukan setelah mengalami krisis ekonomi di tahun 1998. Dana masyarakat mampu diserap oleh perbankan dan disalurkan lagi ke masyarakat, hal ini membuktikan bahwa dunia perbankan mengalami kemajuan. Minat masyarakat mulai tumbuh yaitu ingin mengetahui segala kegiatan yang ada di lembaga keuangan, agar dapat berinvestasi dengan aman dan nyaman. Dalam hal ini lembaga keuangan tidak terlepas dengan yang namanya pemasaran. Pemasaran bertujuan untuk memasarkan suatu produk yang ada Bank Syariah, sehingga dapat menarik nasabah untuk menggunakan produk tersebut. Lembaga Keuangan harus dapat bersaing secara kompetitif. Hal tersebut membuat penulis tertarik untuk mengetahui apa saja yang dilakukan dalam strategi pemasaran BPRS Bina Finansia Semarang agar produk deposito mudharabah lebih unggul.
Rumusan masalah dari penelitian yaitu bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan keunggulan kompetitif pada produk deposito mudharabah di BPRS BINASIA Semarang dan apa saja hambatan dalam pemasaran guna meningkatkan keunggulan kompetitif pada produk Deposito Mudharabah di BPRS BINASIA Semarang.
Penelitian yang dilakukan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara langsung dengan karyawan BPRS BINASIA Semarang.
BPRS Bina Finansia Semarang mempromosikan produknya dengan menggunakan strategi pemasaran dengan melakukan strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan produk, strategi pengembangan pasar dan strategi diversifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan BPRS Bina Finansia Semarang dapat meningkatkan volume penjualan produknya sehingga BPRS Bina Finansia Semarang akan mengetahui seberapa besar kepuasan konsumen serta mampu meningkatkan keunggulan kompetitif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Keunggulan Kompetitif; Deposito Mudharabah.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 16 Dec 2021 09:27
Last Modified: 16 Dec 2021 09:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14748

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics